STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA BANK SAMPAH HARMONI DESA PULOSARI DUSUN KARANGKIDUL)

Penulis

  • Nining Sholikhah Politeknik Pratama Mulia Surakarta
  • Jimo Jimo Politeknik Pratama Mulia Surakarta

Kata Kunci:

bank sampah, manajemen, kewirausahaan sosial

Abstrak

Sampah, sering menjadi persoalan bagi masyarakat baik di desa maupun di kota. Kuantitas sampah yang dihasilkan setiap hari tinggi, berbanding lurus dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 256 juta jiwa pada tahun 2015.  Bank sampah merupakan salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk pengelolaan sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan manajemen bank sampah berbasis masyarakat serta untuk mengidentifikasi keunggulan-keunggulannya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, FGD, observasi dan studi dokumen.  Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa perubahan manajemen pengelolaan sampah dari pengelolaan berbasis project menjadi berbasis masyarakat membawa dampak positif. Masyarakat cukup mampu mengeksplor potensi lokal, memperluas jaringan dengan pihak luar, melakukan pengembangan pasar untuk mendorong penjualan produk hasil pengolahan sampah serta memperluas jangkauan bank sampah dengan membuka cabang atau menjadi konsultan pendirian bank sampah di dusun lain.

Referensi

Annonymous. 2012. Buku Profil Bank Sampah 2012. Kementerian Lingkungan Hidup http://www.menlh.go.id/profil-bank-sampah-indonesia-2013/.
Aryenti. (2011). Peningkatan Peranserta Masyarakat Melalui GerakanMenabung Pada Bank Sampah
Di Kelurahan Babakan Surabaya, Kiaracondong Bandung. Jurnal. Pusat LitbangPermukiman Bandung.
Chandra B. 2007. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran
Danang P., Aditya B., Teda I.R., 2017, Pelaksanaan Program Bank Sampah dalam Sistem Pengelolahan Sampah di Desa Jogodalu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik, Jurmal Penamas Adi Buana Volume 01, Nomer 1
Elvira S., 2016, Manajemen Pengelolaan Bank Sampah di Kota Bekasi, , Jurnal AKP, Vol. 6 No. 1
Hadhan B., Imam H., Mochamad R., 2014. Pengembangan bank sampah sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah (Studi Pada Koperasi Bank Sampah Malang), Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 1
Handoko, T. Hani. 1999. Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.
H.B. Sutopo, 2002, MetodologiPenelitianKualitatif, Sebelas Maret University Press, Surakarta
Linda F.H., Rizal S., Ahmad M.Y., 2017. Strategi pengembangan bank sampah di wilayah Depok, Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, Vol. 3 No. 3, http://dx.doi.org/10.17358/jabm.3.3.407 Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta, Rajawali Pers.
Maleong, Lexy.J. (2002) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya
Susanawati, Niken, 2004, Evaluasi Pengelolaan SampahPasar Johar Berdasarkan Persepsi Pengelola dan Pedagang, serta Aragan Pengelolanya. Skripsi, Semarang
Soetrisno Loekman, (1995) Menuju Masyarakat Partisipatif. Yogyakarta, Kanisius.
Undang Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.
Link : https://nichonotes.blogspot.com/2015/02/fungsi-manajemen.html.

Diterbitkan

2019-09-04

Cara Mengutip

Sholikhah, N., & Jimo, J. (2019). STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA BANK SAMPAH HARMONI DESA PULOSARI DUSUN KARANGKIDUL). Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper Outlook Ekonomi 2019, 2(1), 027–037. Diambil dari https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/26