PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROFESIONALISME PEGAWAI DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PERMATA BUNDA PURWODADI
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas. pelayanan, Profesionalisme Pegawai dan kompetensi terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi baik secara parsial maupun simultan. Metode Penelitian digunakan populasi adalah pasien di Rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi. Sampel penelitian 100 responden dan teknik pengambilan sampel teknik Accidental sampling. Accidental sampling.. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis digunakan uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas), Asumsi klasik (Uji normalitas, Multikolinearitas, Uji heteroskedastisitas dan Uji Autokorelasi), Uji Hipotesis (Analisis regresi linear berganda, Uji t, Uji F dan Uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian hasil analisis dapat diperoleh ada pengaruh kualitas. pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi. Profesionalisme Pegawai pengaruhnya terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi. Kompetensi pengaruhnya terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi.
Referensi
Almaidah, Siti. 2019. Efek Mediasi Kepercayaan Dalam Pola Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Word Of Mouth, Dan Minat Nasabah (Studi Pada Nasabah Bank Jateng Kantor Cabang Pembantu Simo Boyolali). Riset Manajemen dan Akuntansi, Vol. 10. No.1.
Arikunto. S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Lima. Rineka Cipta. Jakarta.
Badjamal, FA., Pengaruh Kompotensi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap Kelas 3 Pada RSUD Palu, e-Jurnal Katalogis, Volume 2 Nomor 7
Bahri, 2016, Pengaruh pengembangan Karier Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Pegawai Dinas PU Bina Marga Wilayah Kerja Sumatera Selatan, Journal Ecoment Global, Volume 1 Nomor 1
Debora, dkk, 2016, Pengaruh Pelayanan Prima dan Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Kantor Kelurahan Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Padang), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 7, Nomor 1
Dewi, 2016, Pengaruh Kualitas. pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.5, No.2.
Djarwanto dan Subagyo. 2016. Statistik Induktif. BPFE. Yogyakarta.
Elizah dan Wahyono, 2019, Peran Kualitas. pelayanan Memediasi Pengaruh Kompetensi Pegawai, Disiplin Kerja, dan Pemanfaatan SIAK Terhadap Kepuasan Masyarakat, Economic Education Analysis Journal, V Volume 2, Nomor 8.
Ferawati, Darna, Suhendi, 2020, Pengaruh Profesionalisme Dan Etika Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Ciamis (Suatu Studi pada Pegawai ASN Rumah Sakit Umum daerah Ciamis), Jurnal Busines Manajemen, Volume 2, Nomor 3.
Ghozali. I. 2016. Analisis Program Spss. Badan Penerbit Undip. Semarang.
Handayani, R. (2020). The Effect of Human Capital on Batik SMEs Innovation: The Mediating Role of Adaptive Creativity. Binus Business Review, 11 (2), 105-113. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i2.6178
Hardianty dkk, 2017, Hubungan Profesionalisme Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Utama. Jurnal Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Riau.
Hasan, E. 2015. Komunikasi pemerintahan .Bandung: Rafika aditama.
Hasibuan, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, 2015, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Jilid Dua, Jakarta: Erlangga.
Kusumasari dan Lukiastuti, 2020, Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja
Mangkunegara, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya
Pissa, 2018, Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Pelayanan Publik, Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN, Edisi III No.1