PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROFESIONALISME PEGAWAI DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PERMATA BUNDA PURWODADI

Penulis

  • Christya Dewi Yusnitaningrum Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti

Abstrak

Tujuan penelitian  untuk mengetahui pengaruh kualitas. pelayanan, Profesionalisme Pegawai dan kompetensi terhadap kepuasan pasien di Rumah  Sakit Permata Bunda Purwodadi baik secara parsial maupun simultan. Metode Penelitian  digunakan populasi adalah pasien di Rumah  Sakit Permata Bunda Purwodadi. Sampel penelitian 100 responden  dan teknik pengambilan sampel teknik Accidental sampling. Accidental sampling.. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis  digunakan uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas), Asumsi klasik (Uji normalitas, Multikolinearitas, Uji heteroskedastisitas dan Uji Autokorelasi), Uji Hipotesis (Analisis regresi linear berganda, Uji t, Uji F dan Uji  koefisien determinasi (R2).  Hasil penelitian hasil analisis dapat diperoleh ada pengaruh kualitas. pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah  Sakit Permata Bunda Purwodadi. Profesionalisme Pegawai pengaruhnya terhadap kepuasan pasien di Rumah  Sakit Permata Bunda Purwodadi.  Kompetensi pengaruhnya terhadap kepuasan pasien di Rumah  Sakit Permata Bunda Purwodadi.    

Referensi

Almaidah, Siti. 2019. Efek Mediasi Kepercayaan Dalam Pola Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Word Of Mouth, Dan Minat Nasabah (Studi Pada Nasabah Bank Jateng Kantor Cabang Pembantu Simo Boyolali). Riset Manajemen dan Akuntansi, Vol. 10. No.1.

Arikunto. S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Lima. Rineka Cipta. Jakarta.

Badjamal, FA., Pengaruh Kompotensi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap Kelas 3 Pada RSUD Palu, e-Jurnal Katalogis, Volume 2 Nomor 7

Bahri, 2016, Pengaruh pengembangan Karier Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Pegawai Dinas PU Bina Marga Wilayah Kerja Sumatera Selatan, Journal Ecoment Global, Volume 1 Nomor 1

Debora, dkk, 2016, Pengaruh Pelayanan Prima dan Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Kantor Kelurahan Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Padang), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 7, Nomor 1

Dewi, 2016, Pengaruh Kualitas. pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.5, No.2.

Djarwanto dan Subagyo. 2016. Statistik Induktif. BPFE. Yogyakarta.

Elizah dan Wahyono, 2019, Peran Kualitas. pelayanan Memediasi Pengaruh Kompetensi Pegawai, Disiplin Kerja, dan Pemanfaatan SIAK Terhadap Kepuasan Masyarakat, Economic Education Analysis Journal, V Volume 2, Nomor 8.

Ferawati, Darna, Suhendi, 2020, Pengaruh Profesionalisme Dan Etika Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Ciamis (Suatu Studi pada Pegawai ASN Rumah Sakit Umum daerah Ciamis), Jurnal Busines Manajemen, Volume 2, Nomor 3.

Ghozali. I. 2016. Analisis Program Spss. Badan Penerbit Undip. Semarang.

Handayani, R. (2020). The Effect of Human Capital on Batik SMEs Innovation: The Mediating Role of Adaptive Creativity. Binus Business Review, 11 (2), 105-113. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i2.6178

Hardianty dkk, 2017, Hubungan Profesionalisme Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Utama. Jurnal Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Riau.

Hasan, E. 2015. Komunikasi pemerintahan .Bandung: Rafika aditama.

Hasibuan, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, 2015, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Jilid Dua, Jakarta: Erlangga.

Kusumasari dan Lukiastuti, 2020, Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja

Mangkunegara, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya

Pissa, 2018, Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Pelayanan Publik, Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN, Edisi III No.1

Diterbitkan

2021-12-20

Cara Mengutip

Christya Dewi Yusnitaningrum. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROFESIONALISME PEGAWAI DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PERMATA BUNDA PURWODADI. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper Outlook Ekonomi 2019, 4(1). Diambil dari https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/255