PENGARUH SERVICE QUALITY DAN PRINSIP SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEMBIAYAAN MUROBAHAH DI BMT AL MISFALAH SUKOHARJO

Authors

  • Rukmini Rukmini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AAS Surakarta
  • Suprihati Suprihati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AAS Surakarta
  • Setya Nur Fauwzan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AAS Surakarta

Keywords:

prinsip-prinsip syariah, pelayanan, kepuasan nasabah, pembiayaan murobahah

Abstract

Penerapan prinsip syariah merupakan landasan dalam operasional dan pelaksanaan pembiayaan pada sebuah lembaga keuangan syariah, selain itu faktor pelayanan juga sangat mempengaruhi tingkat kepuasan seorang nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penerapan prinsip-prinsip syariah dan pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah pembiayaan murobaah di BMT Al Misfalah Sukoharjo. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji R2 (determinasi) dari hasil uji t terbukti variabel penerapan prinsip-prinsip syariah secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan hasil t hitung = -0,333 > t tabel = -2,035. Sedangkan variabel pelayanan terbukti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan hasil t hitung = 5,821 > t tabel = 2,035. Kemudian dari hasil uji F kedua variabel tersebut secara simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan hasil nilai F hitung 30,613 > F Dari uji R2 diketahui pengaruh kedua variabel tersebut sebesar 65,7% terhadap kepuasan nasabah.

References

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2007. Bank syariah Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: Gema Insani.
Aliah, Himmatul. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah KPR di BNI Syari'ah Cabang Semarang. Skripsi. Semarang: S1 IAIN Wali Songo.
Arifin, Bustanul. 1974. Pelembagaan Hukum Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. edisi RevisiV. Jakarta: Rineka Cipta. cet. Ke-12
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta
Budiono, Arif. 2017. “Penerapan prinsip syariah pada lembaga keuangan syariah”. Jurnal Law And Justice Vol. 2 No. 1 (2017): 54-65
Cahyani, Putri Dwi. 2016. “Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah Di Jogjakarta”. Jurnal Bisnis dan Manajemen. (online), Vol.6, No.2 http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/esensi, Diakses 12 Maret 2018
Fajri, EM Zul dan Ratu Aprilia Senja. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Edisi Revisi. Semarang: Difa Publishers. Cet. 3.
Fatwa DSN No. 04/DSN- MUI/IV/2000. Mengenai ketentuan umum murabahah. Jakarta: DSN-MUI.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cet. IV. Semarang: UNDIP.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro.
Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jumantoro, Totok dan Samsul Munir Amin. 2005. Kamus Ilmu Ushul Fikih. Jakarta: Penerbit Amzah.
Karim, Adiwarman A. 2001. Ekonomi islam suatu kajian kontemporer. Jakarta: Gema Insani.
Karim, Adiwarman. 2003. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: IIIT Indonesia.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 1996. Dasar-Dasar Pemasaran Principles of Marketing 7C. Jakarta: Penerbit Prenhallindo. Jilid 2.
Muhammad, 2009. Model-model Akad Pembiayaan di Bank Sharia. Yogyakarta: UII Pres.
Panjaitan, Januar Efendi dan Yuliati, Ai Lili. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan pelanggan pada JNE Cabang Bandung”. DeReMa Jurnal Manajemen Vol. 11 No. 2. (2016): 265-289
Pravasanti, Y. A., & Tho’in, M. (2018). Meningkatkan Loyalitas Mahasiswa Melalui Service Performance. RELEVANCE: Journal of Management and Business, 1(2).
Ratmino dan Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sanusi, Anwar. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono, (2006). Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Tho’in, M. (2011). Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah di Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Tekun Karanggede Boyolali. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1), 73-89.
Tho'in, M. (2017). Analysis Of Islamic Bank Customer’s Satisfaction Using Importance Performance Analysis (IPA). ADRI International Journal Of Marketing and Entrepreneurship, 1(1), 42-48.
Tjiptono, Fandy. (1997). Strategy Pemasaran. Yogyakarta: Andi offset. Edisi Kedua. Cet. Pertama.
Warits, Abdul. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penerapan Prinsip-prinsip Syariah Terhadap Minat Konsumen Hotel Syariah. Skripsi. Semarang: IAIN Wali Songo Semarang.
Widodo Ak, Hertanto, dkk. (2000). Panduan Praktis Operasional Baiutul Mal Wat Tamwil (BMT). Bandung: Mizan. Cet. Ke 2
Widyantoro, Dycky. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penerapan Prinsip-prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Di Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Asri Tulung Agung. Skripsi. Tulungagung: S1 IAIN Tulungagung.

Downloads

Published

2019-09-04

How to Cite

Rukmini, R., Suprihati, S., & Fauwzan, S. N. (2019). PENGARUH SERVICE QUALITY DAN PRINSIP SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEMBIAYAAN MUROBAHAH DI BMT AL MISFALAH SUKOHARJO. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 2(1), 060–080. Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/29