This is an outdated version published on 2023-12-24. Read the most recent version.

Sosialisasi Strategi Penjualan Batik Pada Toko Batik Fajar Indah Melalui Perluasan Digital Marketing

Authors

  • Indra Lila Kusuma Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Tira Nur Fitria Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Keywords:

Batik Fajar Indah, digital marketing, e-commerce, toko batik

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan strategi penjualan batik pada Toko Batik Fajar Indah Solo melalui perluasan digital marketing dengan website ataupun e-commerce. Metode kegiatan ini menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan staff marketing dan karyawan pada toko batik terkait. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada 22 September 2023 di toko batik Batik Fajar Indah Solo. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian, menggunakan metode ceramah tentang pentingnya digital marketing dan diskusi Bersama staf marketing dan karyawan terkait untuk membahas pemasaran produk. Sebelumnya, dosen ITB AAS Indonesia melakukan wawancara dengan staf marketing. Hasil wawancara menunjukkan bahwa Toko Batik Fajar Indah berfokus pada penjualan secara offline, walaupun demikian Toko Batik Fajar Indah sudah melakukan penjualan secara online juga dan sudah memiliki sejumlah sosial media untuk memasarkan produk batik mereka diantaranya Facebook Page, Instagram dan Shopee. Namun, penggunaan sosial media terlihat tidak terlalu aktif memosting semua produk dan penjualan mereka. Selanjutnya, Toko Batik tersebut belum memiliki website toko, dan belum memanfaatkan e-commerce lainnya seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak atau lainnya, tentunya diperlukan pemasaran yang harus lebih aktif lagi di berbagai sosial media yang sudah dimiliki. Pemasaran yang lebih luas tentu masih dapat dilakukan lagi dengan memanfaatkan e-commerce lainnya seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak atau lainnya agar mampu meningkatkan penjualan melalui media online.

References

Ahmadi, C., Hermawan, D., P, S. N. L., & M, K. T. (2021). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pengembangan Usaha Ternak Tikus Putih. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.35912/yumary.v2i1.503

Ayuk, T. (2018). Analisis Kecacatan Produk Menggunakan Pendekatan Spc (Statistical Process Control) Dengan Metode Seven Tools (Studi Kasus di CV. Saraswati Batik Fajar Indah Laweyan- Surakarta) [Undergraduate Paper, Universitas Muhammadiyah Ponorogo]. http://eprints.umpo.ac.id

Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 1(1), 77–88. https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/article/view/47

Dewi, M. W., Kusuma, I. L., Kristiyanti, L. M. S., Fitria, T. N., & Budiyono, B. (2022). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Tasikmadu Karanganyar. BUDIMAS?: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1), 26–31. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.4304

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147

Fitria, T. N. (2017). Jual Beli Online (Online Shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52–62. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99

Fitria, T. N. (2022). Analysis of Word Formation Process in Online Shop’s Terminologies. Kajian Linguistik Dan Sastra, 7(2), 176–189. https://doi.org/10.23917/kls.v7i2.15511

Habibah, N. F., & Ramdhani, A. R. (2023). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Bagor-Q Azzahra Melalui Pelatihan Digital Marketing Di Desa Luwungragi Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 7656–7669. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4511

Nuraisyah, N., Haryono, D., & Lutfiani, L. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Sarjo (Membentuk dan Mendukung Pengembangan Wirausahawan Muda Dan Pemula). Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS), 2(2), 63–78. https://doi.org/10.47353/sikemas.v2i2.1285

Prastiwi, I. E., Fitria, T. N., & Kusuma, I. L. (2020). 1. Sosialisasi Penggunaan Online Shop Berbasis Syariah di Dukuh Sanggrahan Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. BUDIMAS?: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1421

Pratiwi, R., & Saputro, R. R. (2021). Pelatihan Digital Marketing Strategy di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 982–987. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.389

Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Salsabila, Muniroh, T. U., Riandani, R., Muliyani, E., Yasshyka, A., Listiana, A. P., & Indah, S. R. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828–839. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/451

Rosyana, A., Gata, G., Santoso, Y., & Hamdani, A. U. (2023). Penerapan E-Commerce Untuk Memperluas Pemasaran Pada Toko Shafira. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 899–907. https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/579

Sari, S. P. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION?: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291–300. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i3.224

Setyawan, D. W., Himmah, T. S. F., Kholifah, L., Wijaya, S. M., & Fadhilah, M. (2023). Optimasi Digital Marketing: Tinjauan Kritis Atas Strategi Penjualan Pompa Air. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), 293–300. https://doi.org/10.55826/tmit.v2i4.288

Yanuarti, E., Romadiana, P., & Kiswanto, K. (2021). Model Web E-Commerce Guna Memperluas Pemasaran Produk Furniture. Jurnal SITECH?: Sistem Informasi dan Teknologi, 4(2), 165–172. https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.6903

Published

2023-12-24

Versions

How to Cite

Indra Lila Kusuma, & Tira Nur Fitria. (2023). Sosialisasi Strategi Penjualan Batik Pada Toko Batik Fajar Indah Melalui Perluasan Digital Marketing . Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 6(1). Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/243