Sosialisasi Strategi Penjualan Batik Pada Toko Batik Fajar Indah Melalui Perluasan Digital Marketing
Keywords:
Batik Fajar Indah, digital marketing, e-commerce, toko batikAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan strategi penjualan batik pada Toko Batik Fajar Indah Solo melalui perluasan digital marketing dengan website ataupun e-commerce. Metode kegiatan ini menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan staff marketing dan karyawan pada toko batik terkait. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada 22 September 2023 di toko batik Batik Fajar Indah Solo. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian, menggunakan metode ceramah tentang pentingnya digital marketing dan diskusi Bersama staf marketing dan karyawan terkait untuk membahas pemasaran produk. Sebelumnya, dosen telah melakukan wawancara dengan staf marketing. Hasil wawancara menunjukkan bahwa Toko Batik Fajar Indah berfokus pada penjualan secara offline, walaupun demikian Toko Batik Fajar Indah sudah melakukan penjualan secara online juga dan sudah memiliki sejumlah sosial media untuk memasarkan produk batik mereka diantaranya Facebook Page, Instagram dan Shopee. Namun, penggunaan sosial media terlihat tidak terlalu aktif memosting semua produk dan penjualan mereka. Selanjutnya, Toko Batik tersebut belum memiliki website toko, dan belum memanfaatkan e-commerce lainnya seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak atau lainnya, tentunya diperlukan pemasaran yang harus lebih aktif lagi di berbagai sosial media yang sudah dimiliki. Pemasaran yang lebih luas tentu masih dapat dilakukan lagi dengan memanfaatkan e-commerce lainnya seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak atau lainnya agar mampu meningkatkan penjualan melalui media online.
References
Ahmadi, C., Hermawan, D., P, S. N. L., & M, K. T. (2021). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pengembangan Usaha Ternak Tikus Putih. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.35912/yumary.v2i1.503
Ayuk, T. (2018). Analisis Kecacatan Produk Menggunakan Pendekatan Spc (Statistical Process Control) Dengan Metode Seven Tools (Studi Kasus di CV. Saraswati Batik Fajar Indah Laweyan- Surakarta) [Undergraduate Paper, Universitas Muhammadiyah Ponorogo]. http://eprints.umpo.ac.id
Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 1(1), 77–88. https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/article/view/47
Dewi, M. W., Kusuma, I. L., Kristiyanti, L. M. S., Fitria, T. N., & Budiyono, B. (2022). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Tasikmadu Karanganyar. BUDIMAS?: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1), 26–31. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.4304
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147
Fitria, T. N. (2017). Jual Beli Online (Online Shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52–62. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99
Fitria, T. N. (2022). Analysis of Word Formation Process in Online Shop’s Terminologies. Kajian Linguistik Dan Sastra, 7(2), 176–189. https://doi.org/10.23917/kls.v7i2.15511
Habibah, N. F., & Ramdhani, A. R. (2023). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Bagor-Q Azzahra Melalui Pelatihan Digital Marketing Di Desa Luwungragi Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 7656–7669. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4511
Nuraisyah, N., Haryono, D., & Lutfiani, L. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Sarjo (Membentuk dan Mendukung Pengembangan Wirausahawan Muda Dan Pemula). Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS), 2(2), 63–78. https://doi.org/10.47353/sikemas.v2i2.1285
Prastiwi, I. E., Fitria, T. N., & Kusuma, I. L. (2020). 1. Sosialisasi Penggunaan Online Shop Berbasis Syariah di Dukuh Sanggrahan Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. BUDIMAS?: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1421
Pratiwi, R., & Saputro, R. R. (2021). Pelatihan Digital Marketing Strategy di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 982–987. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.389
Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Salsabila, Muniroh, T. U., Riandani, R., Muliyani, E., Yasshyka, A., Listiana, A. P., & Indah, S. R. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828–839. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/451
Rosyana, A., Gata, G., Santoso, Y., & Hamdani, A. U. (2023). Penerapan E-Commerce Untuk Memperluas Pemasaran Pada Toko Shafira. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 899–907. https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/579
Sari, S. P. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION?: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291–300. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i3.224
Setyawan, D. W., Himmah, T. S. F., Kholifah, L., Wijaya, S. M., & Fadhilah, M. (2023). Optimasi Digital Marketing: Tinjauan Kritis Atas Strategi Penjualan Pompa Air. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), 293–300. https://doi.org/10.55826/tmit.v2i4.288
Yanuarti, E., Romadiana, P., & Kiswanto, K. (2021). Model Web E-Commerce Guna Memperluas Pemasaran Produk Furniture. Jurnal SITECH?: Sistem Informasi dan Teknologi, 4(2), 165–172. https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.6903
Downloads
Published
Versions
- 2023-12-24 (4)
- 2023-12-24 (3)
- 2023-12-24 (2)
- 2023-12-24 (1)