ANALISIS KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA SURAKARTA TAHUN 2017-2019

  • Vitalis Ari Widiyaningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pignatelli Surakarta
  • Margaretha Prihatiningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pignatelli Surakarta
Keywords: anggaran pendapatan, anggaran belanja, APBD, kinerja keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Keuangan Pendapatan Daerah Kota Surakarta periode 2017-2019 dan mengetahui Kinerja Keuangan Belanja Daerah Kota Surakarta periode 2017-2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang dengan menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dari hasilnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Surakarta tahun 2017-2019. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Keuangan Pendapatan Daerah Kota Surakarta secara umum dikatakan baik. Kinerja Pendapatan baik dilihat dari Varians Pendapatan Daerah, Pertumbuhan Pendapatan Daerah, Rasio Keuangan Pendapatan Daerah dilihat dari Derajat Desentralisasi, Rasio Ketergantungan Keuangan Daerah, Rasio Efektivitas dan Efisiensi Pajak Daerah, dan Derajat Kontribusi BUMD. Kinerja Keuangan Belanja Daerah Pemerintah Kabupaten Surakarta secara umum dapat dikatakan baik. Kinerja Belanjan baik dilihat dari Varians Belanja Daerah, Pertumbuhan Belanja Daerah, dan Keserasian Belanja.

References

Adisasmita. (2011). Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Graha Ilmu. Yogyakarta
Daling, Marchelino.(2013). Analisis Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja PemerintahKabupaten Minahasa Tenggara. Skripsi. Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Halim, Abdul dan Mohammad Iqbal,.(2012). Pengelolaan Keuangan Negara. Bulak Sumur.NPP STIM YKPN
Mahmudi. (2010). Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Marizka.(2010). Analisis Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah PemerintahKota Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Nordiawan, Deddi. 2009. Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Salemba Empat
Republik Indonesia.(2012). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2013. Jakarta.
Selly Paat.(2013).P erbandingan Kinerja Pengelolaan APBD antara Pemerintah KotaTomohon dengan Pemerintah Kota Manado. Skripsi. Universitas Sam Ratulangi.Manado.
Soimah. 2014. Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara. Skripsi. Universitas Bengkulu.
Solopos. (2012). “Belanja Pegawai Presentase Belanja Pegawai di Klaten Nomor1 di Jateng”. Diambil dari http://www.solopos.com/2012/04/12/belanjapegawai-presentase-belanja-pegawai-di-klaten-nomor-1-di-jateng-177867 (Diakses pada tanggal 6 November 2020).
Subramanyam dan John J. Wild. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta. Bandung
Published
2021-12-20