ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PROPERTI DI KOTA BATAM

  • Yossi Maitrina Universitas Internasional Batam
  • Lily Purwianti Universitas Internasional Batam
Keywords: Keputusan Pembelian Properti, Faktor Pembelian Properti, Citra Merek, Takhayul

Abstract

Properti bisa menjadi pembelian sekali seumur hidup. Oleh karena itu, proses seleksi dan pengambilan keputusan pembelian properti menjadi sangat penting. Sehingga, dalam penelitian ini akan dianalisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian properti, yaitu faktor lokasi, harga, norma subjektif, citra merek, dan kepercayaan/takhayul. Adapun metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang didapatkan dari pengujian terhadap sampel penelitian sebanyak 434 orang, menunjukkan bahwa Lokasi, Harga, Norma Subjektif, Citra Merek, dan Kepercayaan/Takhayul secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap keputusan pembelian properti di Kota Batam. Sedangkan secara parsial, lokasi tidak ada pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian properti dan variabel lainnya menunjukkan hasil signifikan positif. Dan kelima variabel independen menujukkan pengaruh sebesar 51,5% terhadap keputusan pembelian properti.

References

Al-Nahdi, T. S., & Ghazzawi, O. H. (2015). Behavioral Factors Affecting Real Estate Purchasing. International Journal of Business and Social Science, 6(8), 146–154.
Al-Nahdi, T. S., Nyakwende, E., Banamah, A. M., & Jappie, A. A. (2015). Factors Affecting Purchasing Behavior in Real Estate in Saudi Arabia. International Journal of Business and Social Science, 6(2).
Ali, M. M., & Suciana, A. (2019). The Influencee of Location, Price, and Service Quality On A House Purchase Decision. International Journal of Business Marketing and Management, 4(8), 51–60. https://doi.org/2456-4559
Amelia, N. A. R., Massie, J. D. D., & Pandowo, M. (2017). Factors Analysis of Drive Purchase Decision on Mapanget Griya Indah 4. Jurnal EMBA, 5(3), 3272–3281.
Badan Pusat Statistik Kota Batam. (2021). Penduduk Kota Batam Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2018-2020. https://batamkota.bps.go.id/indicator/12/215/1/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin.html
Brata, B., H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Journal of Business and Management Studies, 2(4), 357–374.
Chia, J., Harun, A., Kassim, A. W. M., Martin, D., & Kepal, N. (2016). Undesrtanding Factors that Influence House Purchase Intention Among Consumers in Kota Kinabalu: An Application of Buyer Behaviour Model Theory. Journal of Technology Management and Business, 3, No. 2. https://doi.org/2289-7224
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.
Hoang, P. V. Le, Ho, Y. T. T., Luu, D. X., & Le, T. T. T. (2020). Determinants of Customer’s Apartment Purchase Intention: Is The Location Dominant? Independent Journal of Management & Production, 11, No. 4. https://doi.org/10.14807/ijmp.v11i4.1100
Hui, K. M., Wai, C. W., & Mei, N. S. (2019). The Effect of Superstitious Beliefs on Property Purchase Intention. International Journal of Real Estate Studies, 13(2), 1–13. https://doi.org/1832-8505
Index, B. H. (2020). BTN House Price Index Triwulan IV Tahun 2019. https://www.btnproperti.co.id/blog/btn-house-price-index-triwulan-iv-tahun-2019-2210.html
Kamal, M., & Pramanik, S. A. (2015). Customers’ Intention Towards Purchasing Apartment in Dhaka City, Bangladesh: Offering an Alternative Buying Intention Model. European Journal of Business and Management, 7(35).
Nabila, M. (2019). Pasar Batam: Investor & Pengembang Terus Berdatangan. Koran Bisnis. https://koran.bisnis.com/read/20190514/449/922046/pasar-batam-investor-pengembang-terus-berdatangan
Nasar, K. K., & Manoj, P. K. (2014). Factors Influencing the Purchase of Apartments: Some Empirical Evidence. IJRMST, 4(8). https://doi.org/2249-3506
Nguyen, N., Leclerc, A., & LeBlanc, G. (2013). The Mediating Role of Customer Trust on Customer Loyalty. Journal of Service Science and Management, 6, 96–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4236/jssm.2013.61010
Oscar, Y., & Keni. (2019). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga, dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3, No. 1, 20–28. https://doi.org/2579-6232
Rachmawati, D., Shukri, S., Azam, S., & Khatibi, A. (2019). Factors Influencing Customers’ Purchase Decision of Residential Property in Selangor, MAlaysia. Management Science Letters, 9(9), 1341–1348.
Raharjo, S. (2014). Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS. Spssindonesia.Com. https://www.spssindonesia.com/2014/02/cara-mudah-melakukan-uji-t-dengan-spss.html
Raharjo, S. (2017a). Makna Koefisien Determinasi (R Square) dalam Analisis Regresi Linear Berganda. Spssindonesia.Com. https://www.spssindonesia.com/2017/04/makna-koefisien-determinasi-r-square.html
Raharjo, S. (2017b). Panduan Uji Heteroskedastisitas dengan Gambar Scatterplots SPSS. Spssindonesia.Com. https://www.spssindonesia.com/2017/03/uji-heteroskedastisitas-scatterplots.html
Sari, D. K. (2019). The Impact of Negative Advertisement on the Image of Meikarta and Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 3(3), 150–159. https://doi.org/2378-703X
Sekaran, U. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis (R. Bougie (ed.); 6th ed.). Salemba Empat.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Yoke, C. C., Mun, Y. W., Peng, L. M., & Yean, U. L. (2018). Purchase Intention of Residential Property in Greater Kuala Lumpur, Malaysia. International Journal of Asian Social Science, 8, No. 8,. https://doi.org/10.18488/journal.1.2018.88.580.590
Published
2021-12-20