Penggunaan Virtual Labs untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Informatika di ITB AAS Indonesia

Authors

  • Tino Feri Efendi Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Abstract

Peneltiian ini membahas penggunaan Virtual Labs sebagai alat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa informatika di Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia. Dengan adanya Virtual Labs, mahasiswa dapat melakukan eksperimen praktis tanpa batasan ruang dan waktu. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Virtual Labs dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan pemecahan masalah, serta kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang informatika. Melalui platform ini, mahasiswa dapat mengakses simulasi berbagai situasi nyata, yang memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi konsep-konsep sulit dalam lingkungan yang aman dan terkontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang menggunakan Virtual Labs memiliki kemampuan praktis yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional.

References

Adi, M., Putra, A. N., & Yusuf, Y. (2021). Implementation of virtual labs to improve student competency in informatics education. International Journal of Online Engineering (iJOE), 17(7), 4–15.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice Hall.

Chen, Y., Liu, L., & Zhang, Y. (2020). Exploring the impact of virtual labs on students’ learning performance in programming courses. Journal of Information Technology Education: Research, 19, 659–681.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). Self-determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. American Psychologist, 55(1), 68-78.

Griffiths, M. D., Kuss, D. J., & King, D. L. (2018). Addiction to social networking sites and online gaming: A literature review of empirical research. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(12), 2794.

Heidari, R., Ghasemi, H., & Hajialiasghari, F. (2017). The impact of virtual labs on learning programming: A study on undergraduate students. Computers in Human Behavior, 69, 42–48.

Piaget, J. (2014). The Construction of Reality in the Child. Routledge.

Rahman, A. R., Ali, S. S., & Abdullah, A. A. (2019). Enhancing students’ practical skills through virtual labs in programming courses. International Journal of Information and Education Technology, 9(9), 627–631.

Schon, D. A. (2015). The Reflective Practitioner: How Professionals Think in Action. Basic Books.

Suthar, R. (2016). Virtual Labs in education: An overview. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 6(8), 49–52.

Tan, L., Wang, S., & Hu, X. (2019). Virtual labs for teaching and learning in engineering: A systematic review. Computers & Education, 133, 27–42.

Wang, Q., Liu, J., & Chen, L. (2020). The application of virtual labs in college education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(7), 100–109.

Wong, W. K., Tan, W. H., & Lim, J. Y. (2021). Integrating virtual labs in undergraduate STEM education: A systematic review. International Journal of STEM Education, 8(1), 1–11.

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Tino Feri Efendi. (2024). Penggunaan Virtual Labs untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Informatika di ITB AAS Indonesia. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 7(1), 140–149. Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/291