KEPUASAN NASABAH DI BRI UNIT BALONG KANCA KARANGANYAR

Authors

  • Febriana Kusnul Khotimah S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti Surakarta

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, kecepatan pelayanan dan sistem komputerisasi terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Balong Kanca Karanganyar. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari pengujian instrumen: uji validitas & reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji R2 (koefisien determinasi). Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel Promosi, Kecepatan Pelayanan dan Sistem Komputerisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Balong Kanca Karanganyar. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa: Promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kecepatan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sistem komputerisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji statistik F dapat disimpulkan secara bersama-sama bahwa variabel Promosi, Kecepatan Pelayanan dan Sistem Komputerisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Balong Kanca Karanganyar. Hasil uji Adjusted R Square diperoleh hasil sebesar 0,655 yang berarti variabel kepuasan nasabah BRI Unit Balong Kanca Karanganyar dapat dijelaskan oleh variabel Promosi, Kecepatan Pelayanan dan Sistem Komputerisasi sebesar 65,5% sedangkan sisanya (34,5%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, misalnya produk, suku bunga pinjaman dan lokasi.

References

Andriani dan Realize, (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Stainlessindo Anugrah Karya Di Kota Batam. Jurnal Pundi, Vol. 02, No. 02, Juli 2018

Avita, R, 2018. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BPR Bank Jateng. Jurnal Emba. Vol. 1. No. 4 tahun 2018

Budiarti, Anindhyta, 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Umum Syariah Di Surabaya. Ekuitas Vol. 15 No. 2 Juni 2016: 210 – 231

Budiyono, B., & Sutianingsih, S. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memoderasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5 (4), 445–469.

Fornell, Claes; Johnson, Michael D ; Anderson, 2017. “The American Customer Satisfaction Index : Nature, Purpose, and Findings”. Journal of Marketing, 60 (10). (7 – 18).

Hamdani dan Zaman, (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pizza Express Jakarta. Jurnal Wacana Ekonomi Nizar Alam Hamdani, et. al. Vol. 16; No. 02; Tahun 2017 Halaman 037-043

Imron dan Sulistyani, (2017). Pengaruh Sistem Komputerisasi Terhadap Kinerja Karyawan Front Office Department Di Planet Holiday Hotel & Residence Batam. JOM FISIP Vol. 4 No. 2 – Oktober 2017

Listiawati, Afruani dan Sholehan, (2017). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di PT. Indomaret Suralaya, Merak-Banten. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu Vol.10 No.2, Oktober 2017 Hal. 256 – 270

Lubis, (2013). Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Komputer Dan Kepercayaan Terhadap Kinerja Individual (Studi Empiris Perbankan Di Kota Medan). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Vol 13 No . 2 / September 2013xszAxs0020

M. Rizwar Ghazali, 2015. Analisis pengaruh lokasi, promosi, dan kecepatan pelayanan terhadap kepuasan bnasabah Bank BRI Unit Sepat. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.11 No.65.

Pramana, 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada BPR BKK Karangmalang Sragen). Skripsi UMS Surakarta

Riyan Agung Setiawan, 2014. Analisis Pengaruh Promosi, penanganan komplain Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi pada Bank BRI Cabang Sragen”). Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Salay, 2015. Pengaruh Kecepatan Layanan Dan Penanganan Komplain Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Loyalitas Nasabah Pada Bank BRI Cabang Kertajaya Di Surabaya. Jurnal Bisnis and Managemen. UNS Surakarta.

Selnes, Fred, 2018. “An Examination of the effect of Product Performance on Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty”, European Journal of Marketing, 27 (9). (19-35).

Sriyanto, S., Harimurti, F., Kasidin, K., & Sutianingsih, S. (2020). Penyuluhan pengembangan strategi pemasaran produk makanan ringan di desa ngijo kecamatan tasikmadu kabupaten karanganyar. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 1(1), 53–61.

Sutopo dan Nurhanifah, (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Maharani Tri Utama Mandiri Cabang Semarang). Diponegoro Journal Of Accounting Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014, Halaman 2

Sutanto, (2016). Pengaruh Empati, Kecepatan Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Penanganan Pengaduan Di Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Cakrawala Vol. 10 No. 1 Juni 2016 : 57 – 66

Sutianingsih, S. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 7(2), 115–131.

Sutianingsih, S, & Agustina, S. M. (2022). Organizational Citizenship behaviour, Reward, Punishment to Improve Employee Performance. International Journal of Economics, Bussiness and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 770–780.

Sutianingsih, & Yasin, S. (2021). Peran Loyalitas Pelanggan Pada Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen. Riset Manajemen Dan Akuntansi, 12(November), 56–67.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Febriana Kusnul Khotimah. (2021). KEPUASAN NASABAH DI BRI UNIT BALONG KANCA KARANGANYAR. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 4(1). Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/261