Kepuasan Kerja Dan Organizational Citizenship Behavior Koperasi Simpan Pinjam Jasa Cabang Sragen

Authors

  • Hanik Yusri Koyyima S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti Surakarta

Abstract

Organizational Citizenship Behavior pada Koperasi Pelayanan Simpan Pinjam Cabang Sragen masih perlu dioptimalkan kembali, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris efektivitas penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta disiplin kerja dalam mencapai kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior. Koperasi Pelayanan Simpan Pinjam Sragen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Dengan populasi sebanyak 40 responden yang diambil berdasarkan metode sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. Disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. Hasil uji F secara bersama-sama penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, disiplin kerja dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh R2 total sebesar 0,953 yang dapat diartikan sebagai variasi Organizational Citizenship Behavior pada Koperasi Pelayanan Simpan Pinjam Cabang Sragen yang dijelaskan oleh variabel penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, disiplin kerja dan kepuasan kerja, sebesar 95,3%. Dari analisis jalur diketahui bahwa jalur tidak langsung antara disiplin kerja terhadap kinerja melalui kepuasan kerja merupakan jalur yang dominan atau efektif untuk meningkatkan Organizational Citizenship Behavior pada Dinas Koperasi Simpan Pinjam Cabang Sragen.

References

Allyssa, Laura dan Hidayat, (2016). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Serta Dampaknya Terhadap Organizational citizenship behavior Pegawai PT.Asuransi Astra Buana. Jurnal Manajemen Universitas Mercubuana Yoyyakarta. V. 6. No. 3 Hal. 13-26

Budiyono, B., & Sutianingsih, S. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memoderasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5 (4), 445–469.

Caryono, 2010. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi, Budaya Organisasi Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Pada Slta Di Bawah Yayasan Muhammadiyah Se Kabupaten Purworejo. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi Vol.1, No.1, Februari 2010 | JBTI

Fajar Purnomo, (2014). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan dan Organizational citizenship behavior Karyawan PDAM Tirta Moedal Semarang. Jurnal Manajemen Bisnis UNNES Semarang Vol.3 No.1 2014

Kuntoro, 2016, Pengaruh Pendidikan pelatihan, lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior pegawai PT Carita Boat Yogyakarta, Jurnal Manajemen Universitas Mercubuana Yoyyakarta. V. 7. No. 3 Hal. 13-26.

Nuryanti & Sintasiih, 2020. Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Berpengaruh Terhadap Organizational citizenship behavior Karyawan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 3, 2020 : 926-947 ISSN : 2302-8912 DOI:

https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i03.p06

Pandapotan, 2019. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Penguasaan Teknologi Informasi Terhadap Organizational citizenship behavior Pegawai Di Universitas Darma Agung. Jurnal Darma Agung Volume XXVII, Nomor 1, April 2019: 785 – 796

Rini, & Sutianingsih. (2010). Analisis kualitas informasi keuangan terhadap kinerja dan kemampuan perusahaan mengakses modal eksternal.

Susanto. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Organizational citizenship behavior Karyawan Pada Divisi Penjualan PT Rembaka. AGORA Vol. 7, No. 1 (2019)

Sutianingsih, S. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 7(2), 115–131

Sutianingsih, Sriyanto, & Marli’aini, N. T. (2022). Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Pada CV Rizki Barokah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 3(2), 26–34.

Sutianingsih, & Yasin, S. (2021). Peran Loyalitas Pelanggan Pada Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen. Riset Manajemen Dan Akuntansi, 12(November), 56–67.

Zahara dan Hidayat, 2017. Pengaruh Kepuasan Dan Disiplin Kerja Terhadap Organizational citizenship behavior Karyawan Bank Di Kota Batam. Journal Of Applied Managerial Accounting Vol. 1, No. 2, 2017, 150-156 ISSN: 2548-9917 (online version).

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Hanik Yusri Koyyima. (2021). Kepuasan Kerja Dan Organizational Citizenship Behavior Koperasi Simpan Pinjam Jasa Cabang Sragen. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 4(1). Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/260