Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Melalui Elektronik Word of Mouth Pada Toko Sinar Kosmetik Sragen

Authors

  • Larasati Putri Sigitaningsih S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti Surakarta

Abstract

Penelitian ini bermula dari fenomena yang muncul di lingkungan Toko Sinar Kosmetik Sragen yaitu tentang bagaimana menciptakan strategi yang tepat dalam meningkatkan kinerja karena dirasa belum sepenuhnya optimal. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja dengan melakukan evaluasi Electronic Word Of Mouth yang memperhatikan aspek Kemampuan Pemasaran dan Komitmen Afektif pada karyawan Toko Sinar Kosmetik Sragen. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji instrumen yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji linieritas, analisis regresi, analisis jalur, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Pemasaran berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Electronic Word Of Mouth karyawan. Komitmen Afektif berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Electronic Word Of Mouth pegawai. Kemampuan pemasaran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Komitmen Afektif berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai. Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari analisis jalur diketahui bahwa jalur langsung Kemampuan Pemasaran terhadap kinerja merupakan jalur yang dominan atau efektif untuk meningkatkan kinerja. Sehingga lebih efektif melalui jalur langsung.

References

Almaidah, S. (2019). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar pada Keunggulan Bersaing dan Dampaknya terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran UKM. Research Fair Unisri, 3(1), 448–455.

Budiyono, B., & Sutianingsih, S. (2021). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memoderasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(4), 445–469. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i4.5104

Rini, & Sutianingsih. (2010). Analisis kualitas informasi keuangan terhadap kinerja dan kemampuan perusahaan mengakses modal eksternal.

Sutianingsih, S. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 7(2), 115–131.

Sutianingsih, Sriyanto, & Marli’aini, N. T. (2022). Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Pada CV Rizki Barokah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 3(2), 26–34.

Sutianingsih, & Yasin, S. (2021). Peran Loyalitas Pelanggan Pada Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen. Riset Manajemen Dan Akuntansi, 12(November), 56–67.

Blau, B.A and Boal, B.K, 2017, “Conceptualizing How Job Involvement and Motivation Affect Turnover and Absenteism,”Academy of Management Review, 12, 288-302

Danang Purnomo, (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kompetensi Serta Dampaknya Pada Kinerja Pramuwisata Bali. Jurnal IPTA Vol. 4 No. 2, 2016 ISSN : 2338-8633

Dhina Sari Taryanti, (2010). Pengaruh Kompetensi, Imbalan Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PD BPR BKK Boyolali Kota, Jurnal Riset Vol. 3 No.4 2010 Universitas Negeri Semarang

Ferry, 2016. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (BPAD DIY). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Fikri Fahmi, 2014. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Serta Promosi Jabatan Terhadap Elektronik Word Of Mouth Kerja Di PertaminaApepKamojang. Proceeding Of The 5th Inaga Annual Scientific Conference & Exhibitions Yogyakarta, March 7 – 10, 2014

Kartiningsih, 2017. Analisis Pengaruh kedisiplinan Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Elektronik Word Of Mouth Dalam Meningkatka nKinerjaKaryawan (StudiPada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Semarang).Tesisunversitasdiponegoro. Semarang.

Luthans F., 2014, Organizational Behavioural, 7th Edition, McGraw-Hill, New York. Macy B. A., M. F. Peterson, & L. W. Norton, 1989, “A Test of Participation Theory in a Work Redesign Field Setting: Degree of Participation and Comparation Site Contracts”, Human Relation, 42(12): 1095-1165.

Rhay, Ching, Wen-Chen, Li-Yu, Syr-En, Mei-Ying Lee, 2017. Exploring the impact of mentoring functions on job satisfaction and organizational commitment of new staff nurses.Department of International Business and Trade, Shu-Te University, Taiwan

Rini, & Sutianingsih. (2010). Analisis kualitas informasi keuangan terhadap kinerja dan kemampuan perusahaan mengakses modal eksternal.

Sutianingsih, S. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 7(2), 115–131.

Sutianingsih, Sriyanto, & Marli’aini, N. T. (2022). Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Pada CV Rizki Barokah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 3(2), 26–34.

Sutianingsih, & Yasin, S. (2021). Peran Loyalitas Pelanggan Pada Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen. Riset Manajemen Dan Akuntansi, 12(November), 56–67.

Yoti Gama, Ari Pradhanawati, Wahyu Hidayat, 2017. Pengaruh Kompensasi Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Elektronik Word Of Mouth Sebagai Intervening Variable Pada Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah. Jurnal Administras iBisnisF akultas Ilmu Sosial dan Politik. UMS Surakarta

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Larasati Putri Sigitaningsih. (2021). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Melalui Elektronik Word of Mouth Pada Toko Sinar Kosmetik Sragen. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 4(1). Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/259