Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dokter Spesialis Saraf Terbaik di Dinas Kesehatan Surakarta dengan Metode Weighted Product

Authors

  • Muqorobin Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Abstract

Dinas Kesehatan (Dinkes) merupakan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah Surakarta yang bertanggung jawab di bidang pembangunan kesehatan, Kota Surakarta mempunyai banyak rumah sakit yang tersebar di beberapa tempat. Rumah sakit ini berfungsi memberikan pelayanan kepada pasien dan masyarakat. Banyak rumah sakit di Kota Surakarta yang kesulitan menangani pasien yang menderita penyakit saraf. Hal ini menuntut pihak rumah sakit untuk aktif mencari dokter spesialis saraf yang mampu menangani penyakit saraf dengan kriteria seperti: Pendidikan, Pengalaman dan Harga. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan proses seleksi dokter spesialis saraf terbaik berdasarkan kriteria tertentu sehingga dapat membantu rumah sakit yang memerlukannya. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode Weighted Product (WP). Metode ini dipilih karena metode ini mampu menentukan bobot setiap kriteria, dan melanjutkan proses pemeringkatan yang akan memilih alternatif terbaik dari sejumlah alternatif atau ahli saraf. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara (interview) dan studi pustaka. Perancangan sistem ini dibuat dengan Diagram Konteks, HIPO, DAD, hubungan antar tabel dan perancangan database. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database menggunakan My SQL. Berdasarkan hasil uji validasi yaitu membandingkan antara perhitungan manual dengan perhitungan terprogram dengan menggunakan 32 data, diperoleh hasil yang sama sehingga sistem dinyatakan valid 100%.

References

RI Dinas Kesehatan, “Riset Kesehatan Republik Indonesia 2013,” pp. 111-116, 2013.

S. Wahyuningsih, “Evaluasi Penerapan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD dr moewardi surakarta,” pp.1–14, 2015.

J. J. R, Sitorus, and P. R, Lukman, “Majalah Kedokteran Neurosains Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia,”pp. 91–96, 2017.

P. R. Sukoharjo, “Sistem Pendukung Keputusan dengan metode,”pp. 4-8,2012.

M. Arsyad, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Calon Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) STMIK Banjarbaru Dengan Metode Weighted Product,” 2016.

K. Ratna, “Pengertian PHP dan MySQL,” Ilmu Teknologi Informasi, pp. 2–7, 2008.

R. yanto, “Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL,” pp. 12-18, 2016.

Downloads

Published

2023-12-24 — Updated on 2023-12-24

Versions

How to Cite

Muqorobin. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dokter Spesialis Saraf Terbaik di Dinas Kesehatan Surakarta dengan Metode Weighted Product. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 6(1). Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/251