Edukasi Pemasaran Digital Guna Meningkatkan Nilai Tambah dan Produktivitas dari UMKM

Authors

  • Wikan Budi Utami Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Suprihati Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Muhammad Rosyid Ridho Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Sofira Nesa Refiyanti Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Teddy Sanjaya Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Rifatun Maulani Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Abstract

Kegiatan pengabdian Masyarakat dengan tema “Upaya Pengembangan UMKM di Era Digitalisasi” bertujuan meningkatkan empati dan kepedulian terhadap Upaya pengembangan UMKM di Era digitalisasi, dan untuk melaksanakan terapan IPTEKS secara team work dan interdipliner, manfaat dari kegiatan pengabdian ini adalah para pelaku UMKM mendapatkan evaluasi dan edukasi terkait pemasaran digital guna meningkatkan nilai tambah dan produktivitas dari UMKM.Pelaksanaan pengabdian melalui wawancara kepada pelaku UMKM, observasi mulai proses produksi sampai dengan penjualan, kuesioner terkait seluk beluk usaha, mulai dari modal usaha, pengelolaan manajemen hingga tahap pemasaran kepada pelaku usaha UMKM dan dokumentasi kegiatan. Dari 6 UMKM yang dijadikan sasaran kegiatan pengabdian  terdapat  beberapa  permasalahan  terkait  dengan   pencatatan keuangan (arus keluar-masuknya keuangan). Kesimpulan dari kegiatan pengabdian sebagai berikut: 6 UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Kartasura sangat baik dalam pengelolaan aspek keuangannya, sangat baik dalam Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan sangat baik dalam kinerja UMKM

References

Anggarani, A., Intan, Vita, S. 2014. Penguatan Sektor UMKM sebagai Strategi

Menghadapi MEA2015. Jurnal Ekonomi, 5(1), 42–48.

Hanim, Lathifah, Eko Soponyono, dan Maryanto. 2021. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Insani, Salman Faris, Yoppi Syahrial, Ardian Prima Putra. 2022. Optimalisasi Aplikasi Google Maps sebagai Alternatif Media Promosi Pada UMKM di Shelter Taman Sriwedari. Jurnal Warta LPM, 25(1), 44-56.

Jauhari, Jaidan. 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1),159-168.

Lestari, Ayuk Sri dkk. 2022. Penggunaan Aplikasi Google Maps dan Imooji Sebagai Media Promosi UMKM di Desa Tiyaran. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2 (3), 887-894

Puji, Ramlah, Astuti, dan Rahmadi. 2020. Pengembangan UMKM Melalui Digitalisasi Teknologi dan Integrasi Akses Permodalan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 8 (2), 248-256.

Sriyana, Jaka. 2010. Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah

(UMKM): Studi Kasus Di Kabupaten Bantul Paper pada Simposium Nasional

: Menuju Purworejo Dinamis dan Kreatif.

Downloads

Published

2023-12-24 — Updated on 2023-12-24

Versions

How to Cite

Wikan Budi Utami, Suprihati, Muhammad Rosyid Ridho, Sofira Nesa Refiyanti, Teddy Sanjaya, & Rifatun Maulani. (2023). Edukasi Pemasaran Digital Guna Meningkatkan Nilai Tambah dan Produktivitas dari UMKM. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 6(1). Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/245