PENGEMBANGAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH NON BANK PADA MASYARAKAT ISLAM

Authors

  • Istiqomah

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan lembaga keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan lembaga keuangan non perbankan syariah. Kami meningkatkan dan mengembangkan kualitas kegiatan ekonomi pengusaha kecil dan menengah, mis. mempromosikan tabungan dan mendukung keuangan mereka. Dirancang untuk mendorong dan mengembangkan penerapan prinsip-prinsip Islam. Lembaga keuangan syariah membangun jembatan antar pihak yang membutuhkan pembiayaan melalui produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah. Produk dan layanan ini memiliki karakteristik yang berbeda dari lembaga keuangan Islam dan dapat dibagi menjadi tiga bagian utama:

produk, transfer dana dan penyediaan layanan. Baitul maal Wal tamwil (BMT) merupakan pusat bisnis swasta terpadu yang kegiatannya bertujuan untuk mengembangkan usaha produktif dan berinvestasi dalam peningkatan kualitas kegiatan ekonomi syariah. Beberapa metode analisis juga digunakan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh untuk penelitian ini bersifat deskriptif dan tujuan penelitian adalah kolaborator BMT An-Nuur dan tujuan penelitian adalah pengembangan lembaga keuangan non perbankan syariah BMT An-Nuur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumen kemudian didiskusikan dengan menggunakan teknik editorial dan deskriptif. Kemudian menarik kesimpulan dalam analisis deskriptif kualitatif. Temuan dan Pembahasan Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran strategis yang sangat penting dalam perekonomian nasional. Namun, UKM masih menghadapi kendala dalam pembiayaan dan pengembangan usahanya. Pada prinsipnya semua pejabat menjalankan tugasnya, kecuali satu departemen di BMT An-Nuur yaitu departemen Baitul Maal yang tidak aktif karena keterbatasan sumber daya manusia. Pada saat yang sama, pengaruh BMT adalah menyediakan dana untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah.

References

Rusydiana, AS, & Firmansyah, I. (2018). Strategi Indonesia Mengembangkan Lembaga Keuangan Mikro Syariah: Pendekatan Matriks Ifas Efas. Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 46-74.

F. Amri (2014). Isu UMKM: Strategi dan Kebijakan. TCuraCism Journal of Economics and Education ISSN, 2407, 4268.

Fitria, T. N. (2016). Kontribusi Ekonomi Islam Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(03).

Fitria, T. N. (2015). Perkembangan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(02).

Nelly, R., & Soemitra, A. (2022). Studi literatur tentang isu-isu umum lembaga keuangan non bank syariah di Indonesia. El-Mal: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(4), 700-710.

Jameel, F. (2016). Pengembangan dan inovasi produk lembaga keuangan syariah di Indonesia (penelitian transaksi berbasis syariah dan hukum positif). Koordinat: Jurnal

Komunikasi Perguruan Tinggi Islam, 15(2), 147-164.

Irawan, M. (2018). Ekonomi Islam, Politik Hukum dalam Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia. Jurnal Media Hukum, 25(1), 10-21.

Ahmad Salman (2011:221). Analysis Of Mudharabah and A New Approach to Equaty: Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Sodiq, A. (2018). Analisis Swot Perkembangan Perbankan Syariahdi Indonesia. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1).

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muhadjir, N. (1998). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Ke-3. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Wilardjo, S. B. (2005). pengertian, peranan dan perkembangan bank syari’ah Di Indonesia. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 2(1).

Sapudin, A., Najib, M., & Djohar, S. (2017). Strategi Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Studi Kasus pada BMT Tawfin Jakarta). Al-Muzara'ah, 5(1), 21-36.

Irmawati, S., Damelia, D., & Puspita, D. W. (2013). Model inklusi keuangan pada UMKM berbasis pedesaan. JEJAK, 6(2).

Wajdi, M. F., & Setyawan, A. A. (2016). Analisis Strategi Pengembangan Pada Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Amal Mulia Suruh Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rasyid, A. (2018). Perkembangan Lembaga Perbankan dan Keuangan Syariah di Indonesia. Business-law. binus. ac. id.

Nengsih, I., & Iska, S. (2018). Manajemen Lembaga Keuangan Syariah Non Bank.

Sapudin, A., Najib, M., & Djohar, S. (2017). Strategi Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Studi Kasus pada BMT Tawfin Jakarta). Al-Muzara'ah, 5(1), 21-36.

Dr. Tulus T.H Tambunan, 2009, UMKN di INDONESIA, Ghalia Indonesia, Bogor.

Downloads

Published

2023-05-10 — Updated on 2022-12-30

Versions

How to Cite

Istiqomah. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH NON BANK PADA MASYARAKAT ISLAM. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 5(1). Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/214 (Original work published May 10, 2023)