PASAR MODAL SEBAGAI SARANA INVESTASI UNTUK KAUM MILENIAL

Authors

  • Endah Retno Wibawati

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran Digitalisasi Maeketing pada usaha PT Profit Anywere pasca Pandemic Covid-19. Di era saat ini, para kaum milenial khususnya kaum milenial seharusnya bisa memanfaatkan media digital sebagai salah satu upaya untuk mempoleh keuntungan. Mahasiswa memiliki banyak akses online, terlibat dalam media sosial, dan mengembangkan e-commerce mereka, biasanya akan menikmati keuntungan bisnis yang signifikan dalam pendapatan, kesempatan kerja, inovasi, dan daya saing. Namun banyak mahasiswa yang belum memanfatkan teknologi informasi khusunya menggunakan media digital dan belum memahami seberapa besar manfaat dan peran penggunaan media digital. Metode penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian  yang memberikan uraian atau gambaran secara mendalam tentang suatu variabel yang sebenarnya menggunakan pendekatan studi Pustaka mengamati dan menganalisis semua informasi. Penelitian kepustakaan adalah jenis penelitian yang digunakan untuk menggali informasi dan data secara mendalam melalui berbagai literatur, buku, catatan, jurnal dan referensi lain. Serta hasil penelitian sebelumnya yang relevan, untuk mendapatkan jawaban dan landasan teori mengenai masalah yang akan diteliti. Hasil kajian menunjukan bahwa tantangan mahsiswa di Indonesia memang cukup beragam, karena berkaitan erat untuk mendapatkan sebuah keuntungan, oleh kareana itu mahasiswa harus pintar dalam mengelola keuangan untuk dapat memperoleh sebuah keuntungan. Perlu diketahui bahwa membeli saham beperan penting dalam memperkuat perekonomian Indonesia. Mahasiswa yang memiiki akses online, terlibat media social, dan mengembangkan kemampuan ecommercenya, biasanya akan menikmati keuntungan bisnis yang signifikan baik dari segi pendapatan, kesempatan untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki, mengembangkan skill. Akan tetapi masih banyak kaum milenial yang tidak memanfatkan kesempatan tersebut, dan masih banyak mahiswa yang belum menerapkan teknologi informasi khususnya menggunakan media informasi khusunya menggunakan media digital dan belum mengetahui teknologi informasi tersebut mempunyai banyak manfaatdan peranan media sosial tersebut.

References

Ade Resalawati, Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah Terhadap

Pertumbuhan Ekonomi Pada Sektor UKM Indonesia, (Skripsi: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011), Hal. 31.

Amanita Novi. Pasar Modal. Buku Bank dan Lembaga Keuangan lain. Bab 13 Hal 163

Bahtiar R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi SektorUmkm.Info Singkat, 7(6), 19-24.

Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid19.

Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 59-70

Devana Rustiana, Sarah Ramaghani. 2022. Strategi di Pasar Modal Syariah. UIN Sumatera Utara Medan, Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), Vol. 2 No.1, 1578-1589.

Fitria, T. N. (2016). Kontribusi Ekonomi Islam Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(03).

Fitria, T. N. (2015). Perkembangan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(02).

Kadiman Pakpahan. 2003. Strategi Investasi di Pasar Modal. UBiNus, Jakarta. Jurnal The WInnERS, Vol. 4 No.2, 138-147.

Hanoatubun, Silpa. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal Of Education Psychology And Counselling, 2(1), 146-153.

Mestika Zed. 2008. Metode penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. Buku bibliografi, 94.

Tho’in, Muhammad. 2015. Sistem Ekonomi Islam Jalan Tengah (Kapitalis-Sosialis). Jurnal

Ilmiah Ekonomi Islam. (Online), Jilid 1, No. 3

Downloads

Published

2023-05-10 — Updated on 2022-12-30

Versions

How to Cite

Endah Retno Wibawati. (2022). PASAR MODAL SEBAGAI SARANA INVESTASI UNTUK KAUM MILENIAL . Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 5(1). Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/213 (Original work published May 10, 2023)