Peran BMT Tumang Sragen Dalam Perspektif Bisnis dan Keuangan Sosial

Authors

  • Arlin Fa’iziz Indarvani

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran BMT Tumang Sragen dalam Perspektif Bisnis dan Keuangan Sosial. Lembaga keuangan non bank merupakan lembaga keuangan yang secara operasional dibina dan diawasi oleh Departemen Keuangan yang dijalankan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Sedangkan pembinaan dan pengawasan dari sisi pemenuhan prinsip prinsip syariah dilakukan oleh Dewan Syariah Nasional MUI. Oleh karena itu, kepercayaan terhadap lembaga keuangan menjadi sangat penting agar fungsi intermediasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. BMT merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang sangat potensial untuk mengatasi kemiskinan dan kekurangan modal pada bisnis skala mikro. Sungguhpun demikian, masalah yang penting untuk dikaji melalaui studi ini adalah: Apakah Baitul Maal wa Tamwil (BMT) berperan aktif dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil. Bisnis merupakan suatu istilah untuk menjelaskan segala aktivitas berbagai institusi dari yang menghasilkan barang dan jasa yang perlu untuk kehidupan masyarakat sehari-hari.Secara umum bisnis diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memperoleh pendapatan atau penghasilan atau rizki dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya dengan cara mengelola sumber daya ekonomi secara efektif dan efisien. Adapun sektor-sektor ekonomi bisnis tersebut meliputi sektor pertanian, sektor industri, jasa, dan perdagangan. Gerakan lembaga keuangan pada tingkat bawah ini relatif mampu mengurangi ketergantungan masyarakat lapisan bawah dari cengkeraman rentenir. Lembaga ini (BMT) terdiri dari dua devisi yaitu; pertama, divisi baitul maal yang mengelola zakat, infaq dan sadaqah (ZIS). Kedua, divisi baitul tamwil yaitu menggerakan simpanan dan penyaluran dana (pembiayaan modal) dengan sistem bagi hasil.

References

Adler & Adler (1987: 389), Observasi naturalistic, Membership Roles in Field Research, Newbury Park, CA: Sage Publication, 1987.

Arikunto (2002: 206), Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiantoro, Setyo. RUU Lembaga Keuangan Mikro: Jangan Jauhkan Lembaga Keuangan Dari Masyarakat, Artikel - Th. II - No. 8 - Nopember 2003.

Dede A.F, A. Bakhrul M, dan Abdillah, Strategi Pengembangan BMT/KSPPS...

Fitria, T. N. (2016). Kontribusi Ekonomi Islam Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(03).

Fitria, T. N. (2015). Perkembangan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(02).

Indrawan, R. & Yaniawati R.P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, Bandung: Penerbit PT Refika Aditama

Kisworo & Sofana (2017: 121), Menulis Karya Ilmiah (Penelitian, Penulisan, Presentasi dan Publikasi Ilmiah). Bandung: Informatika.

Manulang, 2002, Manajemen Personalia, Jakarta ; Ghalia Indonesia.

Marissa Grace Haque (2011). Analisis Strategi LKM Syariah Non-Bank, Membangun Gerakan BMT Indonesia

Mashuri, M. (2016). Peran Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.

MN Amin ... Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana 5 (1), 1-18, 2019

Mujahidin, Ahmad. 2010. Prosedur penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah di Indonesia. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Muslich. (2004). Etika Bisnis Islami. Yogyakarta: Ekonesia.

Syafe’i, Rahmat. Asas Retroaktif dalam Perspektif Hukum Islam. Syiar Madani, Vo. IV No. 3 Nopember 2002. Sudarsono, Bank dan Lembaga Keuangan Syari’ah. Yogyakarta : Ekonisia UII, 2003.

Terry (Torang, 2014), Filsafat Ilmu: Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya dan Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta.

Zed, 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zed. 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-05-10 — Updated on 2022-12-30

Versions

How to Cite

Arlin Fa’iziz Indarvani. (2022). Peran BMT Tumang Sragen Dalam Perspektif Bisnis dan Keuangan Sosial. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 5(1). Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/208 (Original work published May 10, 2023)