Pengaruh Modal, Omzet Penjualan, dan Jam Operasional Terhadap Laba (Studi Kasus Pada UMKM Kuliner PKL Mitra GoFood Di Kabupaten Karanganyar)

Authors

  • Nurita Elfani Prasetyaningrum Universitas Surakarta
  • Yanita Hendarti Universitas Surakarta
  • Erlina Sih Rahayu Universitas Surakarta

Keywords:

modal; omzet penjualan; jam operasional; laba

Abstract

Bisnis kuliner mampu meraup keuntungan puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Data ini serupa dengan yang dimiliki oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf). Online food delivery service sebagai salah satu solusi alternatif dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Bisnis kuliner di Kabupaten Karanganyar saat ini banyak memanfaatkan aplikasi GoFood, sehingga memberikan kontribusi bagi UMKM kuliner dalam pencapaian laba yang optimal. Permasalahan yang terjadi bahwa UMKM sector kuliner PKL memiliki karakteristik yang beragam dalam mengelola bisnisnya sehingga turut mempengaruhi laba yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal, omzet penjualan, dan jam operasional secara simultan terhadap laba pada kuliner PKL mitra GoFood. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 kuliner PKL mitra GoFood di kabupaten Karanganyar, dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode survey dan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket kuesioner yang diwujudkan dalam bentuk pernyataan.. Hasil penelitian diuji dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, sedang Analisis Statistik Regresi Linier Berganda, Uji Statistik t, Uji Statistik F dan Koefisien Determinasi (Adjusted R2) digunakan untuk menganalisa data hasil penelitian. Dari hasil pengambilan data dan analisis didapatkan bahwa pada UMKM usaha PKL Kuliner mitra GoFood di Kabupaten Karanganyar, secara parsial modal kerja berpengaruh dan omzet penjualan berpengaruh signifikan terhadap laba, sementara jam operasional tidak berpengaruh signifikan terhadap laba. Namun modal, omzet Penjualan dan jam operasional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap laba.

References

Artini, N. R. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan UMKM di Kabupaten Tabanan. Ganec Swara, 13(1), 71–77.

Basri, S. (2016). Dikotomi Konsep Birokrasi dan Demokrasi: Masalah yang bersifat Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. JIA Sandikta, 8.

Boedirochminarni, A. (2020). UMKM “kreatif” di masa covid-19. Ekonomi Indonesia Di Tengah Pandemi Covid, 1(3), 95.

Erpurini, W. (2018). Pengaruh aset tetap dan modal terhadap laba bersih pt. ultra jaya milk industry and trading company tbk. periode tahun 2010-2016. Jurnal Indonesia Membangun, 17(2), 1–13.

Felicia, F., & Gultom, R. (2018). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013–2015. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 1(1), 1– 12.

Gonibala, N., Masinambow, V. A. J., & Maramis, M. T. B. (2019). Analisis pengaruh modal dan biaya produksi terhadap pendapatan UMKM di Kota Kotamobagu. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(01).

Indraswari, A., & Kusuma, H. (2018). Analisa Pemanfaatan Aplikasi Go-Food Bagi Pendapatan Pemilik Usaha Rumah Makan Di Kelurahan Sawojajar Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 2(1), 63–73.

Laki, M. F., Nangoi, G. B., & Wokas, H. R. N. (2019). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Laba Pada PT. Megamitra Makmur Sentosa Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 14(1).

Muttaqin, H. M., Kosim, A. M., & Devi, A. (2021). Peranan Perbankan Syariah Dalam Mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dimasa Pandemi Covid-19. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(1), 110–119.

NSS, R. L. P., & Rahoyo, R. (2019). Dampak Bisnis Kuliner Melalui Go Food Bagi Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 20(2), 120–133.

Nurman Al Faruq. (2016). Cara Cepat Uji Validitas. ruangexcel.blogspot.com. https://ruangexcel.blogspot.com/2016/02/cara-cepat-uji-validitas.html

Putra, K. A. D., Hidayatullah, F., & Farida, N. (2020). Mediatisasi layanan pesan antar makanan di Indonesia melalui aplikasi Go-food. Islamic Communication Journal,

Rosdiyati, R. (2017). Pengaruh Faktor Jumlah Produksi Dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Laba Usaha Telur Asin Ud. Sumber Rejeki Desa Tawangrejo Turi Kabupaten Lamongan. Jurnal Ekbis, 17(1), 9-Halaman.

Satwika, F., Hendratno, H., & Zultilisna, D. (2018). Pengaruh Harga Pokok Produksi, Biaya Operasional, Dan Penjualan Bersih Terhadap Laba Bersih (studi Pada Perusahaan Tekstil & Garmen Yang Terdapat di Bei 2011-2016). EProceedings of Management, 5(2).

Suprihatmi, S. W., & Susanti, R. (2019). Strategi Ekonomi Kreatif Untuk Mengembangkan Umkm (Survey Pada Pengusaha Wedangan Kafe Di Surakarta). Research Fair Unisri, 3(1).

Suryadi, D. F., & Ilyas, M. I. F. (2018). Adopsi online food delivery service bagi wirausaha pemula di kota Makassar (Studi kasus pada Big Bananas). Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M).

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Nurita Elfani Prasetyaningrum, Yanita Hendarti, & Erlina Sih Rahayu. (2022). Pengaruh Modal, Omzet Penjualan, dan Jam Operasional Terhadap Laba (Studi Kasus Pada UMKM Kuliner PKL Mitra GoFood Di Kabupaten Karanganyar). Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 5(1), 174–181. Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/205