Penguatan Digital Marketing Sebagai Media Promosi UMKM Telur Asin di Desa Trucuk Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten

Authors

  • Sumadi Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Arifah Khosyyatillah Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Tino Feri Efendi Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Serly Andini Restu Putri Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Rio Prasetyo Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Keywords:

UMKM, pengabdian masyarakat, pemasaran digital, promosi

Abstract

Pengabdian ini dilaksanakan dengan latar belakang ingin membantu dalam meningkatkan tingkat pemahaman dalam digital marketing untuk memberikan kontribusi ilmu bagi UMKM. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui lebih detail media digital apa saja yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk UMKM yang ada dan mengetahui cara efektif mempromosikan berbagai media sosial untuk mendukung pengembangan produk UMKM yang ada. Metode ceramah digunakan dalam proses penyampaian materi pelatihan. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah 1) Menambah pengetahuan tentang berbagai media pemasaran digital yang dapat digunakan untuk promosi dan cara yang efektif untuk melakukan promosi melalui pemasaran digital (media sosial) sebagai sarana untuk menambah dan mengembangkan pengetahuan; 2) berkontribusi pada pengembangan teori berbagai jenis media pemasaran digital dan metode yang dapat digunakan untuk melakukan promosi yang efektif menggunakan pemasaran digital melalui berbagai media sosial bagi yang ingin melanjutkan penelitian.

References

Amalia, Euis, 2009, “Keadilan distributif dalam Ekonomi Islam”, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

P. Eko Prasetyo, 2008, “Peran Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran”. Akmenika UPY, Volume 2.

Muhammad Thoin, dan Iin Emy Prastiwi. 2022. Buku Panduan KKN Program Studi Sarjana. Surakarta : ITB AAS Indonesia.

Octavia, Ade. Dkk. 2015. Pemberdayaan MasyarakatMelalui Optimalisasi Program Bank Sampah Dengan Bantuan Tekhnis Dan Manajemen Usaha Pada KSM Aneka Limbah Dan KSM Maidanul Ula Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 30 (3): 41-49.

Purba, H.D., Meidiana, C., dan Adrianto, D.W., 2014. Waste Management Scenario through Community Based Waste Bank: A Case Study of Kepanjen District, Malang Regency, Indonesia. International Journal of Environmental Science and Development, 5(2):212-216.

Sumadi, S., & Siyamto, Y. (2018). Pengaruh Manajemen Spiritual Leadership Dalam Pemerataan Ekonomi Sektor Riil. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(01), 35-41.

Yulianti, Yoni, 2012. Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan Di Kota Solok. Universitas Andalas Padang.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Sumadi, Arifah Khosyyatillah, Tino Feri Efendi, Serly Andini Restu Putri, & Rio Prasetyo. (2022). Penguatan Digital Marketing Sebagai Media Promosi UMKM Telur Asin di Desa Trucuk Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 5(1), 128–132. Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/201