Penguatan Peran Digitalisasi Marketing Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pasca Pandemic Covid-19

Authors

  • Sumadi Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Indra Lila Kusuma Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Agus Subekti Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Aly Muhammad Azmi Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Keywords:

Digital Marketing, Pengembangan UMKM, Pasca Pandemi Covid-19.

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran Penguatan Peran Digitalisasi Marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pasca Pandemi Covid-19. Di era saat ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sudah seharusnya memanfaatkan media digital sebagai salah satu upaya pemasaran produk agar konsumen lebih mengenal produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut. UMKM yang memiliki akses online, terlibat dalam media sosial, dan mengembangkan kemampuan e-commerce mereka, biasanya akan menikmati keuntungan bisnis yang signifikan dalam hal pendapatan, kesempatan kerja, inovasi, dan daya saing. Namun banyak UMKM yang belum menerapkan teknologi informasi khususnya menggunakan media digital dan belum memahami seberapa besar manfaat dan peran penggunaan media digital. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan uraian atau gambaran secara mendalam tentang suatu variabel, gejala atau keadaan serta temuan-temuan yang ditemukan di lapangan berdasarkan fakta-fakta yang sebenarnya dengan menggunakan pendekatan studi pustaka mengamati dan menganalisis semua informasi. mengenai topik penelitian. Penelitian kepustakaan adalah jenis penelitian yang digunakan untuk menggali informasi dan data secara mendalam melalui berbagai literatur, buku, catatan, majalah, referensi lain, serta hasil penelitian sebelumnya yang relevan, untuk mendapatkan jawaban dan landasan teori mengenai masalah yang akan diteliti. dipelajari. Hasil kajian menunjukkan bahwa tantangan UMKM di Indonesia memang cukup beragam, karena berkaitan erat dengan rasio wirausaha di Indonesia yang baru mencapai 3,5%. Oleh karena itu, peningkatan kualitas UMKM mutlak diperlukan agar ke depan kondisi kemudahan berusaha dapat tercipta. Perlu diketahui bahwa UMKM telah berperan penting dalam memperkuat perekonomian Indonesia. Strategi digital marketing berdampak pada keunggulan bersaing UMKM dalam memasarkan produk, yaitu 78% dan 22% produk dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor kemampuan permodalan, penyediaan sumber daya, dan profesionalisme manajerial. Digital marketing tidak hanya mampu meningkatkan eksistensi dalam pemasaran produk, namun pemanfaatan digital juga mampu meningkatkan kapasitas produksi.

References

Aini, H., & Hapsari, A. (2019). Interests Influence Of Digital Marketing Product Sales In Exports By Smes In Bandung. Global Business & Management Research, 11(1).

Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani, I. (2017). E-UMKM: Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Android Sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Prosiding SNATIF, 11-16.

Arianto, B. (2015). Kampanye Kreatif Dalam Kontestasi Presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. No 1, 19: 16–39.

Ade Resalawati, Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pada Sektor UKM Indonesia, (Skripsi: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011), Hal. 31.

Bahtiar R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi SektorUmkm.Info Singkat, 7(6), 19-24.

Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 59-70.

Borremans, A. D., Zaychenko, I. M., & Iliashenko, O. Y. (2018). Digital economy. IT strategy of the company development. In MATEC Web of Conferences (Vol. 170, p. 01034). EDP Sciences.

digital-pelaku-umkm

Elia, G., Margherita, A., & Passiante, G. (2020). Digital entrepreneurship ecosystem: How digital technologies and collective intelligence are reshaping the entrepreneurial process. Technological Forecasting and Social Change, 150, 119791.

Feb.ugm.ac.id. (2016). https://feb.ugm.ac.id/id/penelitian/artikel-dosen/2211- menyambut-ekonomi-digital

Giones, F., & Brem, A. (2017). Digital technology entrepreneurship: A definition and research agenda. Technology Innovation Management Review, 7(5).

Hadiono, Kristophorus and Santi, Rina Chandra Noor. 2020. Menyongsong Transformasi Digital. Proceeding SENDIU, 2020. ISBN: 978-979

Hamzah, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor Umkm Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 8 (2), 215-228.

Handini, V.A & Choriyati, Wahyuni. (2020). Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Komunikasi , 11 (2), 150-167.

Hanoatubun, Silpa. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal Of Education Psychology And Counselling, 2(1), 146-153.

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2019). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding, Jurnal LPPM Unsoed. 9(1).

Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital): Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89-95.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Dewi, L. G. K. (2019). Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus: Pemasaran Produk Adi Upakara. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(2),79-84.

Raharjo, Budi. (2019, 21 November). Bagaimana Nilai Kesuksesan Transformasi Digital Perusahaan? [Online]. Available: https://republika.co.id/berita/q1bb7c415/bagaimana-nilai-kesuksesan transformasi-digital-perusahaan.

Rizaldi. T, Putranto. H.A. 2017. Pemanfaatan E-Commerce sebagai StrategiPeningkatan Pemasaran UMKM. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat 2017 Politeknik Negeri Jember.

Setyanto, A. R., Samudro, B. R., Pratama, Y. P., & Soesilo, A. M. (2015). Kajian Strategi Pengembangan UMKM Melalui Media Sosial (Ruang Lingkup Kampung Batik Laweyan). Sustainable Competitive Advantage (SCA), 5(1).

Zenker, Sebastian, Nicole Martin. 2011. Measuring success in place marketing and branding. Place Branding and Public Diplomacy Volume 7, Issue 1. Palgrave Macmillan UK

Downloads

Published

2022-12-30 — Updated on 2022-12-30

Versions

How to Cite

Sumadi, Indra Lila Kusuma, Agus Subekti, & Aly Muhammad Azmi. (2022). Penguatan Peran Digitalisasi Marketing Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pasca Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 5(1), 133–144. Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/200