Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Dalam Belajar Terhadap Prestasi Siswa SMK Muhammadiyah Semin di Masa Pandemi

Authors

  • Dewi Muliasari Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Keywords:

disiplin, motivasi belajar, prestasi belajar, pandemi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, serta pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan survey. Instrument dalam penelitian initerdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Data dikumpulkan menggunakan angket serta dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah siswa jurusan Akuntansi kelas X dan XI dan sebanyak 84 siswa dijadikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan perolehan hasil Y = 69,124 + 0,442 (X1) + 0,512 (X2), artinya bahwa disiplin dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Kesimpulan: (1) ada pengaruh disiplin terhadap terhadap prestasi belajar siswa. Diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,718 > 1,667 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,008 dengan sumbangan relatif sebesar 62,74% dan sumbangan efektif 7,86% (2) ada pegaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,109 > 1,667 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,041 dengan sumbangan relatif sebesar 37,28% dan sumbangan efektif 4,66% (3) ada pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji F diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 5,787 > 3,31 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,127 atau 12,5%.

References

Arinanda., Hasan, S., & Rakhman, M. 2014. Pengaruh Kedisiplinan Siswa di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 1, No.2

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran.

Jurnal Lantanida. Vol 5. No. 2

Fiana, D. & Ridha, M. 2013. Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol 2. No. 2

Kismoyowati, A. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No.1

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Matematika SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol.1, No.2

Lomu, Lidia., & Widodo, S. A. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. 745-751

Mulyaningsih, I. E. 2014. Pemgaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 20

Nurmala, A.D., Lulup., & Naswan. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.4, No. 1

Siagian, R. 2012. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi

Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol. 2, No.2

Sirait, E. 2016. Pengaruh Niat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Jurnal Formatif. Vol.6, No. 1

Thaib, E. 2013. Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional.

Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol.8, No.2

Wirantasa, U. 2017. Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 7. No. 1

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Dewi Muliasari. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Dalam Belajar Terhadap Prestasi Siswa SMK Muhammadiyah Semin di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 5(1), 105–111. Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/199