Pengetahuan Riba dan Teknologi Informasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Perbankan Syariah Pada Masyarakat Surakarta

Authors

  • Sidiq Hariyanto Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Muhammad Tho’in Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Sumadi Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Agus Subekti Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Keywords:

riba, teknologi informasi, keputusan menjadi nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang riba dan teknologi informasi terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah (Studi Masyarakat Surakarta). Penelitian ini dilakukan di wilayah Surakarta dengan sampel sebanyak 50 responden dari hasil setelah penelitian. Dengan menggunakan teknik probability sampling dari perhitungan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah variabel pengetahuan tentang riba berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah perbankan syariah, dengan t hitung > t tabel yaitu 3,451 > 2,01174 atau dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Sedangkan variabel Teknologi Informasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah perbankan syariah, dengan t hitung > t tabel yaitu 6,195 > 2,01174 atau dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 70,4% yang berarti pengaruh variabel pengetahuan riba, dan teknologi informasi berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah perbankan syariah sebesar 70,4% dan sisanya 29,6% adalah dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

References

Andespa, Roni. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah 2. Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan. Vol. 2, no. 1.

Hamzah, B. Uno. dan Lamatenggo, Nina. 2011. Teknologi, Komunikasi, dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handiman, Edia. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media.

Hasibuan, Faisal Umardani dan wahyuni, rahma. 2020. Pengaruh Pengetahuan Masyarakat dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). JIEI: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol 06. No. 1

Kurniawati, R. 2019. Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap pengambilan keputusan nasabah dalam pembiayaan Murabahah pada Bank BRI Syariah KCP Ngawi. IAIN Ponorogo.

Magda, D. P. W. 2019. Pengaruh Faktor Emosional dan Rasional Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Produk Perbankan Syariah di Tulungagung. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Tulungagung.

Maski, Ghozali. 2010. Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics. Vol. 04, No. 01

Mowen, John. C dan Michael Minor. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Musyayadah, Raudhotul. 2021. Pengaruh Teknologi Informasi, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Pembiayaan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Perumnas Klender). Skripsi Thesis. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Nasution, Abdul Haris. 2020. Flores Tanjung, Kurikulum dan Pembelajaran Sejarah. Yayasan Kita Menulis.

Nurastuti, Wiji. 2015. Teknologi Perbankan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurngaeni. 2018. Pengaruh Pengetahuan Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. IAIN Purwokerto.

Parastika., Hartini., Titin..,Amri, Ulil. 2021. Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Intelektualita: Keislaman/ Sosial, dan Sains Vol. 10 No. 1

Putranto, M. Z. N. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Menjadi Nasabah di Bank Syariah. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Muhammadiyah Malang.

Putri, Saskia, Fasa., Muhammad Iqbal., Suharto. 2021. Pengaruh Produk, Pelayanan Dan Motivasi Menghindari Riba Terhadap Keputusan Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah. El Mudhorib: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol. 2. No. 01

Putri,adika anggarani.2016. Pengaruh Teknologi Informasi Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking. Skripsi jurusan ekonomi perbankan islam UMY.

Rika. 2019. Pengaruh pengetahuan masyarakat tentang riba terhadap keputusan menggunakan jasa kredit pada rentenir (Studi kasus di kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman). Skripsi. Fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Padangsidimpuan

Sahar, Zul Akram. 2021. Pengaruh Pemahaman Tentang Riba,Kwalitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keutusan Masyarakat Menabung Pada Bank Syariah. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.

Saputra, Wakhid Ajhi. 2014. Pengaruh Strategi Pemasaran, Perkembangan Teknologi Informasi Dan Inovasi Terhadap Pengambilan Keputusan Penjualan Dipasar Tradisional Di Surakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sugiyono. 2011. Statiska Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Tho’in, Muhammad. 2016. Larangan Riba Dalam Teks Dan Konteks. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol.2 No. 2.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Andi Offset. Yogyakarta

Widjaja, Wangsa. 2013. Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijayanto, Muhammad Lip. 2019. Tuhan, Aku Ingin Hidup Tanpa Riba. Desa Pustaka Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Sidiq Hariyanto, Muhammad Tho’in, Sumadi, & Agus Subekti. (2022). Pengetahuan Riba dan Teknologi Informasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Perbankan Syariah Pada Masyarakat Surakarta. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 5(1), 112–127. Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/198