Analisis Pengaruh Religiusitas, Loyalitas, dan Margin Murabahah Terhadap Minat Pembiayaan Akad Murabahah Di KSPPS BMT Syech Hasyim Asy’ari Kantor Cabang Karangnongko
Keywords:
religiusitas, loyalitas, margin, murabahah, BMTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, loyalitas, dan margin murabahah terhadap bunga pembiayaan akad murabahah di KSPPS BMT Syech Hasyim Asy'ari Cabang Karangnongko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi anggota KSPPS BMT Syech Hasyim Asy'ari Cabang Karangnongko yang memiliki pembiayaan murabahah, sampel diambil menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Analisis data menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian ini secara parsial variabel religiusitas tidak berpengaruh signifikan 0,440 > 0,005 terhadap minat pembiayaan. Variabel loyalitas berpengaruh signifikan sebesar 0,000 < 0,005 terhadap minat pembiayaan. Variabel margin murabahah berpengaruh signifikan sebesar 0,010 < 0,005 terhadap minat pembiayaan. Sementara itu, penelitian menemukan bahwa religiusitas, loyalitas, dan margin murabahah secara simultan mampu memberikan pengaruh sebesar 60,7% terhadap minat pembiayaan akad murabahah di KSPPS BMT Syech Hasyim Asy'ari Cabang Karangnongko.
References
Andespa, Roni. 2018. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam. Vol 3 No 2
Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta. Gema Insani
Asri, Komala Rizka 2018. Pengaruh Tingkat Margin dan Prosedur Pembiayaan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Pembiayaan Murabahah. Skripsi. Bandar Lampung: Program Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung
Bawono, Ahmad. 2016. Multivariate Analysis Dengan SPSS. Salatiga. STAIN Satatiga Press
Chaplin, J.P. 1995. Kamus Lengkap Psikologi. Yogyakarta. PT Raja Grafika Pustaka
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitan Untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang. Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2018. Analisis Multivariate Dengan Program IBS SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Mohamad. 2021.Faktor Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Margin Terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah. Skripsi. Bandar Lampung: Program Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Ifham, Ahmad & Zukhrufah. 2021. 99 Tanya Jawab Bank Syariah. Tangerang Selatan. Amana Publishing
Iska, Syukri. 2014. Sistem Perbankan Syariah Di Indonesia. Cetakan ke dua. Yogyakarta. Fajar Media Press
Maisaroh, Siti .2017. Pengaruh Tingkat Margin dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Pada Pembiayaan Murabahah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Fatah
Mashuri. 2020. Analisis Dimensi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Perspektif Islam. Iqtishaduna : Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. Vol 9 No 1
Mayasari, Ros. 2014. Religiusitas Islam dan Kebahagiaan. Jurnal Almunzir. Vol 7 No 2
Muhammad. 2015. Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta. Rajawali Press
Nafik, Muhammad & Wahyudi Rofiul. 2018. Manajemen Bank Islam. Cetakan ke satu. Yogyakarta. UAD Press
Rabbani, Maulida Fachri dan Nawirah. 2018. Determinan Margin Keuntungan Produk Pembiayaan Murabahah. EL DINAR. Vol 6 No 2
Ristanti, Ika. 2021. Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, dan Margin Terhadap Minat Pembiayaan Di BMT Nurul Ummah (NU) Ngasem Cabang Ngraho Bojonegoro. Jurnal DIMASEJATI. Institut Agama Islam Negeri Syech Nurjati Cirebon
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke dua puluh dua. Bandung. Alfabeta
Tarvi, Akhyar dan Sartiyah. 2019. Pengaruh Promosi, Kepercayaan, Dan Religiusitas Terhadap Persepsi Masyarakat Pembiayaan Murabahah Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol 1, No 4
Tjiptono, Fandy. 2012. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi
Downloads
Published
Versions
- 2022-12-30 (2)
- 2022-12-30 (1)