ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEMBELIAN PRODUK ORGANIK DI KOTA BATAM
Kata Kunci:
Purchase intention, Purchase behavior, Wiillingness to pay, Organic product, Theory of planned behaviorAbstrak
Minat masyarakat terhadap produk organik terus meningkat. Produk organik yang diolah tanpa zat kimia apapun dipercaya oleh masyarakat sebgai produk yang lebih sehat dan lebih bergizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong masyarakat untuk membeli produk organik dengan menggunakan teori planned behavior sebagai dasar penelitian. Penelitian ini menjelaskan tentang extended TPB dari variabel attitude yaitu health consciousness, willingness to pay dan trend and lifestyle. Survei online dilakukan terhadap 460 responden, dengan mengadopsi pendekatan purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM), dengan dilakukan uji CMV terlebih dahulu dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan hubungan health consciousness, willingness to pay dan trend and lifestyle memiliki pengaruh signifikan positif terhadap attitude, attitude, subjective norm dan perceived behavioral control juga memiliki pengaruh signifikan positif terhadap purchase intention. Penelitian ini mensugesti para retail untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian produk organik melalui iklan, promosi dan pengembangan produk baru. Retail juga dapat meningkatkan ketersediaan serta kemudahan pembelian produk organik untuk memenuhi permintaan konsumen.