PENGARUH LABEL HALAL, RELIGIUSITAS, DAN MARKETING SYARIAH TERHADAP MINAT BELI SR12 HERBAL SKINCARE (AREA PEMASARAN DI SUKOHARJO)

  • Nurul Septianingsih Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Abdul Haris Romdhoni Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Umi Hani’in Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
Keywords: Halal Label, Religiosity, Sharia Marketing, and Buying Interest

Abstract

This study was conducted to examine whether there is a significant effect of halal labels, religiosity, sharia marketing on interest in buying SR12 herbal skincare. This study aims to identify and analyze halal labels, religiosity, sharia marketing on buying interest. The research method used in this study is quantitative with primary data sources originating from the distribution of questionnaires in the city of Sukoharjo. The sampling technique is by using the slove in formula. The data analysis methods are Validity Test, Reliability Test, Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression Test, F Test, t Test and Determination Test. The results of this study using the t test (partial test) showed that the halal label variable did not significantly affect buying interest in SR12 with a Sig value. of 0.999 > 0.05. while the religiosity variable with the value of Sig. of 0.008 < 0.05 and sharia marketing with a value of Sig. of 0.000 <0.05, which means a significant influence on interest in sharia investment. The results of the F-test (simultaneous test) show that the variables of halal label, religiosity, sharia marketing have a significant influence on buying interest in SR12. Judging from the value of the Adjusted R-square variable for halal labels, religiosity, and sharia marketing together on buying interest in the city of Sukoharjo by 56.4%

References

Astuti, Dwi Yuli. 2018. Pengaruh Harga Promosi Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Evaluasi Pembeli Starbuck Coffee di Yogyakarta. Skripsi: Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Astika, Ades. 2017. Pengaruh Strategi Pemasaran Berbasis Syariah Terhadap Minat Konsumen Untuk Membeli Produk Pada Zoya Palembang. Skripsi. Palembang. UIN Raden Fatah
Briliani Rizka Asri, Safitri Diah M.si, Drs sudarmo M.si. 2016. Jurnal Gaussian. Vol. 5 No.3
Fedyanti Agustinah, Kristian Dwijosusilo. 2018. Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Wardah Beauty House Surabaya). Jurnal Sketsa Bisnis Vol. 5, No. 1
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS,Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Indriantoro N dan Bambang S. 1999. Metodelogi penelitian bisnis untuk akuntasi dan manejemen. Cet 1. Yogyakarta: BPFE
Iskandar. 2010. Metodelogi Penelitian pendidikan dan Sosial. Jakarta: persada Pers
Kusnandar, Imam Suroso, Adji Prasojo. 2015. Pengaruh Citra Merek Dan Kesadaran Label Halal Produk Kosmetik La Tulipe Terhadap Minat Konsumen Untuk Membeli Ulang Di Kota Banyuwangi. Artikel Mahasiswa Ilmiah 2015
Miftah Ahmad. 2015. Mengenal Marketing Dan Marketers Syariah. Jurnal Ekonomi Islam Vol.6, No. 2
Paujiah Rika, Ahmad Mulyadi Kosim, Syarifah Gustiwati. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Al maal Vol.1, No 2
Parakasi Idris, Kamiruddin. 2018. Analisis Harga dan Mekanisme Pasar Dalam Perspektif Islam. Jurnal LAA MASYIR Vol. 5, No 1
Rohmatun Karina Indah, Dewi Citra Kusuma. 2017. Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap. Jurnal Ecodemica Vol. 1, No. 1.
Prastiwi, Iin Emy. 2021. Analysis Of The Influence Of Religiosity, Environment, And Reputation Factors On Customer Decisions On Saving at KSPPS BMT Amanah Ummah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam Vol. 5, No. 1
Romdhoni Abdul Haris & Ratnasari. 2018. Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam Vol. 4, No. 2
Sayfudin Taufik. 2018. Pengaruh Promosi, Religiusitas, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Dengan pengetahuan Masyarakat Sebagai Vaiabel Intervening. Skripsi. IAIN Salatiga
Supardi. 1993. Populasi dan Sampel Penelitian. Unisa. No 17 Tahun XII Triwulan VI
Sugiyono. 2015. Metodelogi penelitian tindakan komperhensif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sugiyono. 2010. Metodelogi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widyaningrum, Premi Wahyu. 2016. Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah di Ponorogo). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia Vol. VI, No 2: 83-986, No.
(https://id.m.wikipedia.org/wikiKabupaten_Sukoharjo)
(https://sr12herbalskincare.co.id/blog)
Published
2021-12-20