SOSIALISASI PEMANFAATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PARA PELAKU USAHA MIKRO DI DESA JAGALEMPENI

  • Neli Hajar Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Selamat Sri Kendal
  • Nurkholik Nurkholik Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Selamat Sri Kendal
  • Laelatul Maghfiroh Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Selamat Sri Kendal
Keywords: Sosilisasi, CSR

Abstract

Toko kelontong adalah salah satu bentuk usaha mandiri yang menyediakan berbagai macam kebutuhan keluarga, adanya masyarakat yang membuka usaha sebagai salah satu upaya dalam kesejahteraan masyarakat dalam bidang ekonomi. Oleh karena itu, kegiatan usaha tersebut harus terus dikembangkan dan ditingkatkan sesuai dengan perkembangan zaman. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengarahkan pemilik usaha toko dalam menyasar program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan di lingkungan Kabupaten Bebes untuk mengembangkan usahanya. Dengan menyediakan program CSR, perusahaan dapat berkontribusi secara etis untuk pengembangan lingkungan sosial dan bisnis mereka. Ini bisa menjadi solusi untuk kelangsungan bisnis dan kemitraan strategis yang berkelanjutan. Hasil pelatihan menunjukkan adanya penambahan pengetahuan dan pemahaman, peserta dapat mengetahui tentang CSR dan memanfaatkan peluang dari program CSR perusahaan dalam mengembangkan usahanya, mengetahui tahapan dan strategi dalam upaya memperoleh pendanaan untuk program CSR, dan yang terpenting ada keinginan untuk mencoba memanfaatkan program CSR perusahaan di lingkungan sekitar wilayahnya.

References

Andrikasmi, S., Firdaus, E., Edorita, W., & Diana, L. (2018). Sosialisasi Pengembangan Model Implementasi Corporate Social Responsibility ( CSR ) Berbasis Pemberdayaan Perempuan di Desa Kuala Semundam Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. April, 125–133.
Apriani, R., Selvi, E., & Putra, P. S. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Menormalisasi Kembali Iklim Usaha Bagi Umkm Di Karawang. Al-Khidmat, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.15575/jak.v4i1.10370
Biswas, B., Arafat, M. Y., Hossain, M. S., Sakib-Uz-Zaman, M., Khatun, Z., & Rahmatullah, M. (2014). Ethnomedicinal practices of a village folk medicinal practitioner in Faridpur district, Bangladesh. American-Eurasian Journal of Sustainable Agriculture, 8(1), 20–27.
Frederick. (2010). Corporate Social Responsibility & Ethics Corporate Social Responsibility & Ethics. IBusiness, 06(03), 1–103. http://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/ib.2014.63013
Gaus, N. Z., & Meirinawati. (2021). Efektivitas Program Pusat Ekonomi Jambangan Hebat ( Pejabat ) Melalui Csr ( Corporate Social Responsibility ) Umkm Pt . Pertamina Di Kelurahan Jambangan Kota Surabaya Nur Zalliza Gaus S1 Ilmu Aministrasi Negara , Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum , Universit. Efektivitas Program Pusat Ekonomi Jambangan Hebat (Pejabat) Melalui Csr (Corporate Social Responsibility) Umkm Pt. Pertamina Di Kelurahan Jambangan Kota Surabaya, 9, 125–138.
Kustanti, S. (2011). Implementasi Dan Evaluasi Corporate Sosial Responsibility (Csr) Di Perusahaan Pengeboran Minyak Petrocina Kabupaten Bojonegoro - Jawa Timur. Jurnal Sosial Humaniora, 4(1), 51–65. https://doi.org/10.12962/j24433527.v4i1.639
Yuliawati, E. (2020). Sosialisasi Pemanfaatan Program Corporate Social Responsibility (CSR) bagi Pelaku Usaha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 6(4), 213–220. https://doi.org/10.22146/jpkm.43681
Published
2021-12-20