PENGARUH LABELISASI HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SYARIAH HOTEL SOLO

  • Abdul Haris Romdhoni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Iin Emy Prastiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Suyanto Suyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
Keywords: Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Hotel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Labelisasi Halal dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Syariah Hotel Solo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik yang dikumpulkan berupa data primer dengan melalui angket yang disebar kepada responden yang disebut dengan kuisioner. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yaitu menggunakan kriteria-kriteria tertentu seperti tamu yang menginap atau tamu repeater sebanyak 96 responden di Syariah Hotel Solo Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Variabel Labelisasi Halal berpengaruh positif signifikan dan Kualitas Produk berpengaruh negative signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, hal ini dibuktikan melalui Uji t dengan program SPSS 23. Sebagai bentuk implikasi dari penelitian ini diharapkan agar Variabel-variabel yang berpengaruh dapat dijadikan evaluasi dan dipertahankan menjadi lebih baik lagi untuk Syariah Hotel Solo sebagai pengukur kualitas produk-produknya

References

Anggraini, N. P. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis , Volume 7 Nomor 3.
Anggraini, dan Suyoko. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui kepuasan Pelanggan.
Gaspersz, v. (1996). Ekonomi Manajerial Penerapan konsep-konsep bisnis. Jakarta: Gramedia.
Gaspersz, V. (1996). Ekonomi Manajerial Penerapan konsep-konsep bisnis dalam manajemen bisnis total. Jakarta: Gramedia.
Kotler, P. G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2 Edisi ke 12. Jakarta: PT.Indeks.
Kotler, P. K. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2 Edisi ke 12. Jakarta: PT.Indeks.
Latifah, N. (2015). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Prastiwi, I. E. (2018). Pengaruh Persepsi Anggota pada Sharia Compliance, Komitmen Agama dan Atribut Produk Islam Terhadap Customer’s Trust yang Berdampak pada Keputusan Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada Bmt Amanah Ummah Sukoharjo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam,, 13.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Jakarta:: PT Buku Seru.
Umar, H. (2005). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Published
2021-12-20