DIGITALISASI DAN KINERJA KEUANGAN UMKM: MASA PANDEMI COVID 19

  • Desy Nur Pratiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis ITB AAS Indonesia
  • Yuwita Ariessa Pravasanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis ITB AAS Indonesia
Keywords: Covid-19, Kinerja keuangan, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu praktisi dalam mengidentifikasi strategi yang diperlukan untuk merespon dampak pandemi yang sedang berlangsung terhadap UMKM dan membantu perusahaan-perusahaan dalam memprediksi risiko pada tahap awal pengambilan keputusan dan perencanaan bisnis, dan menentukan tindakan yang harus dilakukan. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu UMKM yang ada di Sukoharjo. Teknik  pengambilan sampel dengan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan jangka waktu pengumpulan sampel 2 bulan dengan total sampel yang diperoleh 37 kuesioner. Hasil penelitian ini wabah covid-19 banyak UMKM yang terkena dampaknya 43% UMKM mempunyai kendala modal, dampak covid-19 bagi UMKM hasilnya hanya 50% yang bertahan data pandemic Covid-19 dan sebagian lainnya ada yang sempat berhenti sementara karena kurang modal dan kebijakan pemerintah PPKM. Strategi yang dilakukan UMKM agar mampu beroperasi saat pandemi dengan manambahkan modal sebesar 47% dan menggunakan teknologi informasi sebesar 29%. Penggunaan teknologi informasi dilakukan sebagai media promosi berupa WhatsApp sebesar 88%, facebook dan instagram masing-masing 6%. Dampak covid-19 juga mempengaruhi kinerja keuangan UMKM sebanyak 75% UMKM memperoleh omset kurang dari Rp. 30.000.000,00 dan 25% UMKM mempunyai omset penjualan Rp. 30.000.000-Rp. 50.000.000.

References

Asbari, M., Dylmoon Hidayat, D., & Purwanto, A. (2021). Managing Employee Performance: From Leadership to Readiness for Change. International Journal of Social and Management Studies, 2(1), 74–85.
Bartik, A., Bertrand, M., Cullen, Z. B., Glaeser, E. L., Luca, M., & Stanton, C. (2020). How are small businesses adjusting to COVID-19? Early evidence from a survey. Harvard Business School Working Paper, 20(102), 1–37.
Delloitte Access Economics. 2015. UKM Pemicu Kemajuan Indonesia Instrumen Pertumbuhan Nusantara.
Fairlie, R. W. (2020). The Impact of Covid-19 on Small Business Owners: Evidence of Early-Stage Losses From the April 2020 Current Population Survey. NBER Working Paper Series, (June). Retrieved from http://www.nber.org/papers/w27309
Hardilawati WL, “ Strategi Bertahan UMKM Di tengah Pandemi Covid-19”, jurnal akuntansi dan ekonomika, Vol 10. No.1, Juni 2020, hal 94.
Hartono dan Deny Dwi Hartono. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta, (Jurnal Bisnis & Manajemen, Vol. 14, No. 1, 2014: 15-30).
NSBA. 2020. Small business impact poll. National Small Business Association of U.S.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM) 1(1): 1 –17.
Prasad, S., Su, H. -C., Altay, N., & Tata, J. (2015). Building disaster-resilient micro enterprises in the developing world. Disasters, 39(3), 447–466.
Salam, Muhammad Aminul Khoiri. 2020. Perilaku Produksi di Tengah Krisis Global Akibat Pandemi Covid-19 dan Memanfaatkan Media Online Facebook Sebagai Alternatif Pasar, (Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi).
Sarmigi, Alex. 2020. Analisis pengaruh covid terhadap perkembangan UMKM dkabupaten kerinci. Jurnal Al-Dzahab Vol. 1 (1) 2020.
Senz, K. (2020). Small businesses are worse off than we thought. Harvard Business School Working Knowledge.
Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Lu‘ul, I. L. 2016. Strategi Pengembangan UKM Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnalmanajemen Indonesia 16(2): 136 –147
Wijoyo, Hadion dan Widianti. 2020. Digitalisasi UMKM pasca pandemi covid-19 di riau. Prosiding Sinagara, Hal. 12, Desember 2020.
Published
2021-12-20