PENGARUH SELF-CONTROL, FINANCIAL LITERACY, DAN ATTITUDE TOWARDS MONEY TERHADAP FINANCIAL WELL-BEING GURU

  • Jesslyn Devina Universitas Kristen Petra
  • Evelyn Evelyn Universitas Kristen Petra
Keywords: attitude towards money, financial literacy, financial well-being, self-control

Abstract

Dunia pendidikan tidak lepas dari peran seorang guru. Guru adalah sosok yang berjasa dalam dunia pendidikan karena jerih payahnya dalam mendidik siswa sebagai generasi penerus bangsa. Jasa guru sangat besar sehingga sudah selayaknya guru mendapatkan apresiasi atas kerja kerasnya seperti gaji dan tunjangan yang memadai. Hal itu dilakukan agar guru dapat merasakan kesejahteraan. Namun, kesejahteraan guru masih menjadi masalah yang harus diperhatikan. Masalah kesejahteraan guru juga terjadi kepada guru swasta di Surabaya. Surabaya merupakan kota terbesar di Jawa Timur dimana masih ditemukan masalah terkait kesejahteraan guru swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control, financial literacy, dan attitude towards money terhadap financial well-being guru swasta di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke 100 responden yang merupakan guru swasta di Surabaya. Hasil kuesioner yang didapat kemudian dianalisa dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan bantuan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan pengendalian diri, literasi keuangan, dan sikap terhadap uang berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan keuangan guru swasta di Surabaya.

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2021, September 4). Jumlah sekolah, guru, dan murid di bawah kementerian pendidikan dan kebudayaan menurut kabupaten/kota di provinsi Jawa Timur, 2019/2020 dan 2020/2021. https://jatim.bps.go.id/subject/28/pendidikan.html#subjekViewTab3
Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2), 107–128. https://doi.org/10.1016/S1057-0810(99)80006-7
Consumer Financial Protection Bureau. (2015). Financial well-being: The goal of financial education. https://files.consumerfinance.gov/f/201501_cfpb_report_financial-well-being.pdf
Ginanjar, D. (2021, November 27). Gaji separo guru swasta di Surabaya di bawah UMK. JawaPos.com. https://www.jawapos.com/surabaya/27/11/2021/gaji-separo-guru-swasta-di-surabaya-di-bawah-umk/
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Data guru provinsi Jawa Timur—Dapodikdasmen. https://dapo.kemdikbud.go.id/guru/1/050000
Koloway, B. C. (2021, March 11). Miris ada guru di Surabaya masih dibayar Rp 750.000, Eri Cahyadi siapkan gaji setara UMK. Surya.co.id. https://surabaya.tribunnews.com/2021/03/11/miris-ada-guru-di-surabaya-masih-dibayar-rp-750000-eri-cahyadi-siapkan-gaji-setara-umk
Oliva, A., Antolín-Suárez, L., & Rodríguez-Meirinhos, A. (2019). Uncovering the link between self-control, age, and psychological maladjustment among Spanish adolescents and young adults. Psychosocial Intervention, 28(1), 49–55. https://doi.org/10.5093/pi2019a1
Otoritas Jasa Keuangan. (2013). Literasi keuangan. https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.aspx
Otto, P. E., Davies, G. B., & Chater, N. (2007). Note on ways of saving: Mental mechanisms as tools for self-control? Global Business and Economics Review, 9(2/3), 227–254. https://doi.org/10.1504/GBER.2007.013703
Pintek. (2020, August 1). Mengenal tunjangan profesi guru, syarat, dan cara pemanfaatan. https://pintek.id/blog/profesi-guru/
Rafika. (2021, November 25). Tunjangan 10 ribu guru swasta kota Surabaya masih macet. JawaPos.Com. https://www.jawapos.com/surabaya/25/11/2021/tunjangan-10-ribu-guru-swasta-kota-surabaya-masih-macet/
Riski, P. (2019, November 25). Kurikulum, kesejahteraan guru masih jadi masalah dunia pendidikan Indonesia. VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/kurikulum-kesejahteraan-guru-masih-jadi-masalah-dunia-pendidikan-indonesia/5180092.html
Sabri, M. F., Wijekoon, R., & Rahim, H. A. (2020). The influence of money attitude, financial practices, self-efficacy and emotion coping on employees’ financial well-being. Management Science Letters, 889–900. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.10.007
Strömbäck, C., Lind, T., Skagerlund, K., Västfjäll, D., & Tinghög, G. (2017). Does self-control predict financial behavior and financial well-being? Journal of Behavioral and Experimental Finance, 14, 30–38. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2017.04.002
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryanto, & Rasmini, M. (2018). Analisis literasi keuangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i2.1336
Taneja, R. M. (2012). Money attitude – an abridgement. International Refereed Social Sciences Journal, 3(3), 94–98.
Utkarsh, Pandey, A., Ashta, A., Spiegelman, E., & Sutan, A. (2020). Catch them young: Impact of financial socialization, financial literacy and attitude towards money on financial well‐being of young adults. International Journal of Consumer Studies, 44(6), 531–541. https://doi.org/10.1111/ijcs.12583
Younas, W., Javed, T., Kalimuthu, K. R., Farooq, M., Khalil-ur-Rehman, F., & Raju, V. (2019). Impact of self-control, financial literacy and financial behavior on financial well-being. The Journal of Social Sciences Research, 5(1), 211–218. https://doi.org/10.32861/jssr.51.211.218
Published
2021-12-20