PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRIMA FRESHMART CABANG PEKALONGAN

  • Fidyah yuli Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Siti Rochmah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Silvia Hendrayanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
Keywords: Kualitas Produk, Ragam Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing mix yaitu variabel kualitas produk, ragam produk, harga dan promosi terhadap variabel keputusan pembelian pada Prima Freshmart cabang Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental samppling atau sampel kebetulan dengan jumlah 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diolah menggunakan SPSS versi 23. Analisis data mengunakan regresi linier berganda. Hasil uji parsial ( uji t ) menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 2,187 dan nilai signifikan 0,034. Ragam produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 2,627 dan nilai signifikan 0,012. Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 2,504 dan nilai signifikansi 0,016. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 2,369 dan nilai signifikan 0,022. Hasil uji simultan ( uji f ) menunjukkan bahwa kualitas produk, ragam produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai f hitung 38,121 dan nilai signifikan 0,000. Kualitas produk, ragam produk, harga dan promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 75,2%. Sedangkan sisanya sebesar 24,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

References

Amilia, S., & Asmara Nst, M. O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.6, No.1,Mei 2017 , 660-669.
Devi, L. K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya).
Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. 1-9.
Fitriani, N. (2019, 0ktober 18). Dipetik September 21, 2020, dari Kabar Uang: https://www.kabaruang.com/2019/10/data-pertumbuhan-bisnis-ritel-di-indonesia/
Harahap, N. Z. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Sedaap Pada Mahasiswa Asrama Putri Universitas Sumatera Utara..
Hidayah, N. (2020). Pengaruh Digital Marketing dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mi Samyang (Studi pada Followers Akun Instagram @samyangfoods_indonesia).
Lubis, A. A. (2015). Pengaruh harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 16, No. 02,Oktober2015 , 16, 1-11.
Pasaribu, R. F., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., & Sartika, V. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk SOYJOY PT. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen Volume 5 Nomor 1 (2019) , 5, 45-52.
Pratiwi, M. Y. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu 2BEAT. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 7, Juli 2017 , 6, 1-19.
Rosmitha, S. N. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Paket Internet Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN RadenIntan Lampung).
Semarang, M., Hartono, S., & AY, B. (2019). Pengaruh Harga, Keragaman Produk dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. INDEX SUKOHARJO. Edunomika –Vol. 03, No. 02 (Agustus2019) , 03, 533-540.
Sulistyawati, M., Jumain, & Mufarikhin. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Media Promosi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online (Study Kasus pada Konsumen Prty Partner Online).
Suwarno, S. (2019). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Bubuk Kopi Pada PT. LOUIS DREYFUS COMMODITIES Kecamatan Sunggal. Jurnal Ilmiah”INTEGRITAS” Vol. 5 No. 1 Januari 2019 , 5.
TriwahyuniI, N. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian HP OPPO Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. Naning Triwahyuni| 12.1.02.02.0084 FE–Manajemen , 1-16.
Wilujeng, S., & Mudzakkir, M. F. (2015). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Modern Indomaret Kecamatan Sukun Kota Malang. Modernisasi, Volume 11, Nomor 2, Juni2015 , 11, 93-107.
Wulandari, F., & Utama, H. B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Handphone Realme di Matahari Singosaren. Kelola: Journal of Business And Management ISSN : 2337-5965 Vol 7, No.1 (2020) , 7, 88-97.
Published
2021-12-20