PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN, MOTIVASI KARIR, MOTIVASI KUALITAS, DAN SIKAP TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGAMBIL PROFESI CHARTERED ACCOUNTANT
Keywords:
tingkat pemahaman, motivasi karir, motivasi kualitas, sikap, minat mahasiswa untuk mengambil profesi CAAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat mahasiswa akuntansi untuk mengambil profesi Chartered Accountant (CA) dengan sampel mahasiswa akuntansi pada universitas di Surakarta. Penelitian ini menggunakan data primer dimana pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan melakukan uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan sikap mempengaruhi minat mahasiswa untuk mengambil profesi CA, motivasi karir dan motivasi kualitas tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengambil profesi CA. Secara bersama-sama tingkat pemahaman, motivasi karir, motivasi kualitas dan sikap berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengambil profesi CA.
References
Elis, I., Nusantoro, J., & Sari, G. P. (2020). Pengaruh Tingkat Pemahaman Akuntansi, Persepsi Biaya Terhadap Niat Untuk Mengambil Sertifikasi Profesi Chartered Accountant (CA) Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Metro). Jurnal Akuntansi Aktiva, 1(2), 191–209.
Ilmiha dan Syafrizal. (2017). Biaya Pendidikan Sebagai Pemoderasi Pengaruh Motivasi Karir Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 21(1), 588–615.
Litdia. (2020). Pengaruh Motivasi Kualitas , Motivasi Karir , Motivasi Ekonomi dan Biaya Ujian Terhadap Minat Dosen Memperoleh Sertifikasi Charterred Accountant ( CA ). Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA) 2020, 1177.
Nisa, S. (2019). Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 04 Nomor 1 Tahun 2019. Pengaruh Motivasi Dan Sikap Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengambil Profesi Chartered Accountant (Ca) Pada Universitas Islam Swasta Di Kota Medan, 04, 32–36.
Putu, N., Maryati, S., & Dwirandra, A. A. N. B. (2021). Self-Motivation and Adversity Quotient Moderates the Effect of Exam Costs on Student Interest in Taking the Chartered Accountant Certification Exam. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 74–84. www.ajhssr.com
Setyawan, S., & Iswanaji, C. (2019). Pengaruh Motivasi Akuntan Terhadap Minat Untuk Memperoleh Gelar Chartered Accountant (CA) di Wilayah Yogjakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(2), 327–342.
Simorangkir, P. (2019). Minat Mahasiswa Akuntansi Meraih Gelar Profesi Chartered Accountant (CA). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 21, 1.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sumaryono, S., & Sukanti, S. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengambil Sertifikasi Chartered Accountant. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi.
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Deepublish.
Widyanto, E. A., & Fitriana, R. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mengikuti Ujian Chartered Accountant ( CA ) Indonesia. Jurnal Eksis, 12(1), 3214 – 3345.