STRATEGI BISNIS TERINTEGRASI ANTARA ONLINE DAN OFFLINE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN

  • Andri Ikhwana Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Garut
  • Shinta Ritonga Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Garut
Keywords: Voice of Customer; Satisfaction Customer; Multidimensional Scalling; Quality Function Deployment.

Abstract

Dalam dunia bisnis terdiri dari dua strategi bisnis yang sering digunakan untuk keberlangsungan suatu usaha, dua strategi bisnis tersebut yaitu terdiri dari strategi bisnis online dan strategi bisnis offline, Ke-dua strategi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari kelebihan dan kekurangan ke-dua strategi bisnis tersebut, maka hal yang harus dilakukan yaitu dengan cara menutupi masing-masing kekurangan dengan kelebihan yang ada. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui mengenai gambaran kepuasan konsumen serta strategi untuk mendukung integrasi bisnis antara online dan offline untuk meningkatkan pemasaran pada produk Zahra. Metode penelitian yang digunakan yaitu mixed method dengan voice of customer, multidimensional scalling, serta quality function deployment dengan melibatkan 150 responden serta pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara acak. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa variabel yang mempengaruhi strategi bisnis online dan offline. Variabel yang mempengaruhi strategi bisnis online yaitu terdiri dari saluran online, dan proses keputusan pembelian, sedangkan untuk variabel dari starategi bisnis offline terdiri dari desain produk, promosi, harga, dan keputusan pembelian. Dari variabel-variabel ke-dua strategi bisnis tersebut maka akan menghasilkan usulan perbaikan serta strategi yang terintegrasi untuk ke-dua strategi bisnis tersebut.

References

Anggraini, T. (2017). Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada Toko Alea Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu Ditinjau Dari Ekonomi Islam. IAIN Bengkulu.
Budiarti, A. (2006). Bab 2 landasan teori. Aplikasi Dan Analisis Literatur Fasilkom UI, 4–25.
Butarbutar, K., Tricahyono, D., & Djatmiko, T. (2017). Analisis Perumusan Strategi Bersaing Telkomsel Regional Jawa Barat Menggunakan Konsep ‘Resource-Based View Of The Firm’Dengan Kerangka VRIO. Journal of Accounting and Business Studies, 1(2).
Marcellina, C. V. (2021). Analisis Komparasi Tingkat Penjualan Para Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Tuungagung Dengan sistem Pemasaran Offline dan Online.
Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A. (2014). Strategi Bisnis. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Sarastuti, D. (2017). Strategi komunikasi pemasaran online produk busana muslim queenova. Visi Komunikasi, 16(01), 71–90.
SIKOS, T. T., KOZÁK, T., & Kovács, A. (2019). New retail models in online and offline space. Deturope–The Central European Journal of Regional Development and Tourism, 11(3), 9–28.
Umah, R. S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Offline dan Online. Pada Toko Granada Sumber Gempol Tulungagung ditinjau dari Ekonomi Islam.
Published
2021-12-20