STRATEGI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BERBASIS EKONOMI

  • Ai Namira Wulandari FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Neng Rini FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Strategi Pemberdayaan, Perempuan, Ekonomi

Abstract

Pemberdayaan perempuan merupakan isu penting yang perlu ditangani. Budaya patriarki telah melihat perempuan sebagai subordinat, yang pada akhirnya akan mengarah pada pelecehan, diskriminasi, marginalisasi, eksploitasi dan kekerasan terhadap perempuan. Inilah akar penyebab kemiskinan perempuan, yang menempatkan mereka pada posisi yang kurang beruntung di masyarakat. Pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi merupakan salah satu cara untuk mengangkat perempuan keluar dari kemiskinan. Tujuan dari literatur ini adalah untuk mengidentifikasi strategi yang dapat membantu pemberdayaan perempuan khususnya di bidang ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan penelitian kepustakaan, yaitu bagaimana mengumpulkan data kepustakaan, membaca dan mengambil catatan, serta mengolah bahan penelitian (Zed, 2008: 3). Dari hasil survei ini, peserta pelatihan khususnya perempuan dapat meningkatkan kemampuannya dan menciptakan peluang usaha yang berdampak pada pendapatannya di bidang ekonomi. Oleh karena itu, perlu dikembangkan pelatihan keterampilan untuk memberdayakan perempuan Indonesia.

References

Agustina, Rini. "Pelatihan Desain Grafis untuk Perangkat Desa dalam Rangka Peningkatan SDM di Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kab. Malang." Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 2.1 (2017).
Hidayat, Sholeh, Irwan Djumena, and Dadan Darmawan. "Pemberdayaan Perempuan Berbasis Ekonomi Kreatif melalui Pelatihan Pembuatan Keset dari Limbah Kain." Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 2.1 (2018).
Laksana, Yuda Setia, Sholih Sholih, and Mochamad Naim. "Pelatihan tata rias pengantin bagi wanita tuna susila dalam meningkatkan kemandirian usaha." Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 1.1 (2017): 43-54.
Mamaghe, Estefien. Pentingnya Pelatihan Komputer Dalam Meningkatkan Keterampilan Pegawai di Bagian Umum dan Kepegawaian Kantor Camat Dimembe. Diss. Politeknik Negeri Manado, 2017.
Salim, Bella Safira. Direktori Online Sekolah & Kursus Memasak di Pulau Jawa dan Bali. Diss. Universitas Airlangga, 2019.
Widiastuti, Novi. "Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Menjahit dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Desa Padalarang." Comm-Edu (Community Education Journal) 1.2 (2018): 30-35.
Published
2021-12-20