ANALISIS DETERMINASI INFLASI DI INDONESIA TAHUN 2015-2019

  • Aditya Dwi Ananta Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Purwanto Widodo Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Inflasi; Tingkat Suku Bunga; Nilai Tukar, Jumlah Uang Beredar

Abstract

Inflasi merupakan indikator yang sangat penting bagi kondisi makroekonomi di Indonesia yang perlu dijaga kestabilannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga, nilai tukar dan jumlah uang beredar terhadap tingkat inflasi di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan data bulanan dan mengambil periode waktu tahun 2015-2019. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan metode OLS (Ordinary Least Square) kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi yang terdiri dari uji tstatistik , uji F dan koefisien determinasi ( ). Hasil penelitian menunjukkan tingkat suku bunga dan jumlah uang beredar memiliki pengaruh signifikan dan berhubungan negatif terhadap tingkat inflasi di Indonesia. Sedangkan nilai tukar memiliki pengaruh yang tidak signifikan. Adapun variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap tingkat inflasi di Indonesia adalah tingkat suku bunga. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah variabel dengan pengaruh terbesar terhadap inflasi di Indonesia adalah tingkat suku bunga, oleh karena itu diperlukan kebijakan moneter yang tepat dari pemerintah dalam menjaga tingkat suku bunga agar tingkat inflasi di Indonesia selalu stabil dan berada di level yang rendah.

References

Bank Indonesia. (2019). Data Inflasi. Indonesia: Bank Indonesia.
Boediono. (1998). Ekonomi Moneter : Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi Edisi ke 3. Yogyakarta: BPFE.
Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan EViews10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Istiqomah. (2013). Pengaruh Inflasi dan Investasi terhadap Nilai Tukar Rupiah. Signifikan Jurnal Ilmu Ekonomi, 57-68.
Krugman, P. S., Maurice, O., & Basri, F. H. (2005). Ekonomi Internasional : Teori dan Kebijakan. Jakarta: Indeks.
Mahendra, A. (2016). Analisis Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga SBI dan Nilai Tukar terhadap Inflasi di Indonesia. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 12, Nomor 1, 90-96.
Mankiw, N. G. (2007). MAKROEKONOMI Edisi 6. Jakarta: Erlangga.
Murni, A. (2013). Ekonomi Mikro. Bengkulu: Refika Aditama.
Ningsih, S., & Kristiyanti, L. (2019). Analisis Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga dan Nilai Tukar terhadap Inflasi di Indonesia Periode 2014-2016. DAYA SAING Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 20, No. 2, 96-103.
Ritter, L. S., Silber, W. L., & Udell, G. F. (2013). Principles of Money, Banking & Financial Markets. United States of America: Pearson.
Riyantama, F. (2021). Analisis Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga SBI, dan Nilai Tukar terhadap Inflasi di Indonesia Tahun 2000-2019. UMS ETD-db, 1-10.
Senen, A., Kumaat, R. J., & Mandeij, D. (2020). Analisis Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Suku Bunga Acuan Bank Indonesia dan Cadangan Devisa terhadap Inflasi di Indonesia Periode 2008:Q1-2018:Q4. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 12-22.
Tambunan, T. T. (2001). Perekonomian Indonesia : Teori dan Temuan Empiris. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Published
2021-12-20