PENDETEKSIAN PERILAKU HERDING DILIHAT DARI KEPUTUSAN PEMILIHAN MEDIA SOSIAL, STUDI KASUS PADA UMKM WILAYAH BANDA ACEH

  • Zuraidah Zuraidah Mahasiswa DIM Universitas Syiah Kuala dan Dosen Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Nara Pristiwa Universitas Muhammadiyah Aceh
Keywords: media sosial, perilaku herding, UMKM

Abstract

Media sosial di era digital saat ini menjadi sarana penghubung tidak hanya bagi perseorangan saja, tetapi fungsinya sudah sangat luas dalam membantu urusan pekerjaan maupun bisnis. Bagi pelaku usaha, media sosial adalah alat untuk membantu mempromosikan produk yang ditawarkan. Keputusan menggunakan jenis media sosial terkadang masih dilakukan setelah melihat informasi atau mendapat rekomendasi berdasarkan hasil pilihan orang lain. Tujuan penelitian mendeteksi apakah media sosial yang dipilih sebagai sarana memperkenalkan atau mempromosikan usaha, didasarkan pada keputusan atau pilihan atas informasi pelaku usaha lainnya yang biasa disebut aksi ikut-ikutan atau herding. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah metode fenomenologi kualitatif. Setelah di lakukan analisa, diperoleh hasil ditemukannya perilaku herding media sosial, hasil tersebut adalah kesimpulan dari indikator definisi operasional variabel herding terhadap keputusan menggunakan media sosial.

References

Husserl, E. (1999). The essential Husserl: Basic writings in transcendental phenomenology. Indiana University Press.
Jianbiao, L., Guilin, L., & Long, J. (2012). Animal spirits in information cascade. Nankai Business Review International, 3(2), 167–186. https://doi.org/10.1108/20408741211244415
Keynes, J. M. (1937). The general theory of employment. Quarterly Journal of Economics, 51(2), 209–223. https://doi.org/10.2307/1882087
Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi: metode penelitian komunikasi: konsepsi, pedoman, dan contoh penelitiannya. Widya Padjadjaran.
Oktavian_Yoga_Kusuma2019_http://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B21A/2014/B.211.14.0152/B.211.14.0152-15-File-Komplit-20190305094309.pdf
Winarti, C. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan. Univ. Tanjungpura, 195–206.
Yohanes dan Theresia 2017 Hasil dan Pembahasan. Sumber, 8(134.208), 499
Zhu, K., Kraemer, K. L., & Xu, S. (2006). The process of innovation assimilation by firms in different countries: a technology diffusion perspective on e-business. Management Science, 52(10), 1557–1576.
https://data.tempo.co/data1111/jumlah-umkm-di-indonesia
Published
2021-12-20