PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, INTENSITAS MODAL, RASIO LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI

  • Zakaria Tri Atmojo FEB,Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Suyatmin Waskita Adi FEB,Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: ukuran perusahaan, intensitas modal, rasio leverage, kepemilikan manajerial, konservatisme akuntansi

Abstract

Persaingan global menjadi tantangan tak terelakkan bagi perusahaan di Indonesia. Hal ini disebabkan banyaknya perusahaan yang diperbolehkan masuk secara cuma-cuma di Indonesia. Namun, tidak semua perusahaan di Indonesia siap untuk menghadapi persaingan global ini. Salah satu akibatnya adalah kurangnya kesadaran perusahaan untuk mempergunakan International Financial Reporting Standar (IFRS). Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh ukuran perusahaan, intensitas modal, rasio leverage, dan kepemilikan manajerial terhadap konservatisme akuntansi.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2020. Sedangkan sampel adalah suatu porsi atau bagian dari populsi tertentu yang menjadi perhatian sebanyak 80 perusahaan selama periode 2017-2020, yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 21.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan intensitas modal berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi dengan nilai sig. masing-masing variabel sebesar (0,026 < 0,05; 0,006 < 0,05). Sedangkan, rasio leverage dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi dengan nilai sig. masing-masing variabel sebesar (0,251 > 0,05; 0,690 > 0,05)

References

Alfian, A., & Arifin Sabeni. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Konservatisme Akuntansi. E-Journal Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Vol 2 No 3. ISSN (Online): 2337-3806.
Ramadona, A. (2016). Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Struktur Kepemilikan Institusional,Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Konservatisme Akuntansi. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Vol 3 No 1.
Brilianti, D. P. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Konservatisme Akuntansi Perusahaan. Accounting Analysis Journal ISSN 2252-6765, Halaman 269-273.
Deviyanti, Dyahayu Artika. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Konservatisme Dalam Akuntansi. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Hardinsyah, W. P. dan Daljono, 2013. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Rasio Leverage, Intensitas Modal, dan Likuiditas Perusahaan terhadap Konservatisme Perusahaan (Studi pada perusahaan yang belum menggunakan IFRS)”. Diponegoro Journal of Accounting, Edition Vol. 2 No. 3.
Mamesah, M., Paul, D., Saerang, E., & Lambey, L. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan konservatisme akuntansi pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Bursa Malaysia dan Singapore Stock Exchange tahun 2010-2014. Accountability, 5(2), 237–248.
Noviantari, Ni Wayan dan Ni Made Dwi Ratnadi. 2015. Pengaruh Financial Distress, Ukuran Perusahaan, dan Leverage pada Konservatisme Akuntansi.E-Jurnal Akuntansi 11.3:646-660. ISSN: 2302-8556. Universitas Udayana.
Raharjo, R.S. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Rasio Leverage, dan Intensitas Modal terhadap Konservatisme Akuntansi Pasca Adopsi Penuh IFRS. Jurnal Publikasi Penelitian. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. Surabaya.
Ruwanti, S. 2014. Konservatisme Akuntansi: Masihkah Menjadi Dilema Pelaporan Keuangan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Indonesia. 5(2). Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Saputri, Y. D. 2013. “Faktor–faktor yang Mempengaruhi Pilihan Perusahaan terhadap Konservatisme Akuntansi”. Accounting Analysis Journal, 2(2).
Sari, Dewi Nadia, Yusralaini dan Al-Azhar L. 2014. Pengaruh Struktur Kepemilikan Institusional, Struktur Kepemilikan Manajerial, Struktut Kepemilikan Publik, Debt Covenant dan Growth Opportunities terhadap Konservatisme Akuntansi. JOM FEEKON, Vol.1 No. 2.
Savitri, E. (2016). Pengaruh Struktur Kepemilikan Institusional, Debt Covenant Dan Growth Opportunities Terhadap Konservatisme Akuntansi. AlIqtishad, I2(1).
Septian, A dan Anna, Y. D. 2014. Pengaruh Kepemilikan Manajerial Ukuran Perusahan, Debt Covenant, dan Growth Opportunities terhadap Konservatisme Akuntansi. Skripsi. UIN Jakarta.
Utama, E. P., & Titik, F. (2018). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial Dan Profitabilitas Terhadap Konservatisme Akuntansime (Studi pada Subsektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016. EProceeding Of Management, 5(1), 720– 728.
Utama, I.Y. 2015. Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Leverage, Growth Opportunities, dan Ukuran Perusahaan terhadap Konservatisme Akuntansi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Winelti, R., Elfiswandi dan Fitri Yeni. 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Debt Covenant dan Growth Opportunities Terhadap Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Putra Indonesia, Padang.
Wulandari, I. dan I. Elfi. 2014. Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Debt Covenant dan Growth Opportunities terhadap Konservatisme Akuntansi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi. 1(2):1-15.
Published
2021-12-20