DIGITALISASI RETAIL SEBAGAI PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS MASJID DALAM TATANAN NEW NORMAL

  • Iin Emy Prastiwi Program Studi Ekonomi Syariah, Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
Keywords: aplikasi, retail, barter, ekonomi masjid, new normal

Abstract

Fokus penelitian ini adalah pembuatan aplikasi dalam rangka digitalisasi retail yang dikelola masjid untuk pemberdayaan perekonomian. Hal tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat mendapat pekerjaan dan kemudahan akses pembeli karena dampak pandemi Covid-19. Digitalisasi merupakan cara adaptif dan efektif yang dapat dimanfaatkan di era New Normal melalui implementasi sebuah aplikasi menggunakan sistem kerja transfer dengan jaringan sistem rekening induk, pembayaran secara langsung tanpa harus keluar dari aplikasi, juga sistem log in untuk akun berlangganan dimana dapat berbelanja dengan Drive-Thru. Serta sebuah retail yang menerima transaksi dalam bentuk barter dengan sistem paket sembako menggunakan penghitungan tertentu. Pendekatan atau metode penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dengan metode angket/kuesioner, wawancara dan observasi dalam proses pengumpulan data. Metode angket dilakukan dengan cara menyebarkan Google Form yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Metode wawancara dilakukan dengan mengambil beberapa opini masyarakat terkait adanya aplikasi tersebut. Sedangkan metode observasi dilakukan dengan mengamati cara kerja aplikasi dan pengaruhnya terhadap masyarakat. Manfaat yang diperoleh dengan adanya digitalisasi retailĀ  adalah meningkatkan pemberdayaan ekonomi baik secara intern di masjid maupun secara eksternal di masyarakat. Eksistensi masjid semakin berperan dan masyarakat menjadi terbantu dalam mendapatkan pekerjaan serta kemudahan dalam bermuamalah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

References

________. 2020. Pekerja Dirumahkan dan Kena PHK Akibat Corona Capai 3,05 Juta. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200720114203-92-526610/pekerja-dirumahkan-dan-kena-phk-akibat-corona-capai-305-juta. Diakses tanggal 16 januari 2020.
Abdul Muthalib, Ahmad. Prospek Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid di Kota Watampone. Jurnal Iqtisaduna. Vol. 4, No. 1
Berman, Barry dan Joel R. Evans. (2001). Retail Management: A Strategic. Approach. New Jersey: Prentice Hall
Erziaty, Rozzana. Pemberdayaan Ekonomi Potensial Masjid Sebagai Model Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi Syariah dan Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. Vol. 2, No. 2.
Gunawan, Livie Eletra dan Budi Santoso, Halim. 2017. Sistem Informasi Penjualan dan Barter Barang Antik dan Koleksi. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 3, No. 1
Habibi, Andrian. 2020. Normal baru Pasca Covid 19. Buletin Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan. Vol. 4, No.1
Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi
Kotler, Philip dan Keller KLane, (2006). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Ghalia .Indonesia.
Levy & Weitz, (2001). Retailing Management, 4th edition. New York: Mc.Graw Hill,
Munawir, Ahmad Warson . 1984. Al Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Yogyakarta : Ponpes Krapyak
Nurfalah, Irfan dan Rusydiana, Aam Slamet. Digitalisasi Keuangan Syariah Menuju Keuangan Inklusif: Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi. Vol. 11., No. 1
Rosidi, Ahmad dan Nurcahyo, Edy. Penerapan New Normal (Kenormalan Baru) Dalam Penanganan Covid 19 Sebagai Pandemi dalam Hukum Positif. Jurnal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani. Vol. 8, No. 2
Sarwat, Ahmad. 2012. Fiqh Kehidupan. Jilid 12. Jakarta: Rumah Fiqh Publishing
Schumann, C. & Tittmann, C. 2015, Digital Business Transformation in the Context of Knowledge Management, Academic Conferences International Limited, Kidmore End, 09, pp. 675.
Setiyo Utami, Nunik. 2018. Analisa Kinerja Sektor Ritel Indonesia. Jurnal Ecopreneur. Vol. 1. No. 1
Supriyadi, Ahmad. Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Masjid (Studi Kritis Pasal 53, 54, dan 55 PP Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Jurnal An Nisbah. Vol. 3, No. 2
Suryanto, Asep. 2016. Optimalisasi Fungsi dan Potensi Masjid: Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid di Kota Tasikmalaya. Jurnal Iqtishoduna. Vol 8. No. 2
Sutarmadi. Ahmad. 2002. Visi, Misi dan Langkah Strategis; Pengurus Dewan. Masjid Indonesia dan Pengelolaan Masjid. Jakarta: Logos
Utomo, T.J. (2009). Fungsi dan Peran Bisnis Ritel dalam Saluran Pemasaran. Fokus Ekonomi.4 : 44-55.
Published
2020-11-26