PROSES PELAKSANAAN KLIRING DI BANK JATENG CABANG KLATEN

Authors

  • LMS Kristiyanti Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Rakha Fahkrana Haryanto Putra Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Keywords:

bank, Bank Indonesia, kecepatan transaksi, kliring.

Abstract

Bank merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang perekonomian yaitu sebagai penyedia jasa keuangan. Fasilitas jasa pembayaran dengan giral saat ini seringkali tidak dapat dilaksanakan karena banyaknya nasabah dan pembayaran antar bank yang begitu banyak terjadi di suatu bank. Mengingat penyelesaian lalu lintas giral secara individual tidaklah memungkinkan, maka perlu adanya suatu lembaga yang bertugas untuk menyelesaikan lalu lintas giral tersebut secara terpusat yang diberi nama kliring, yang dimediasi oleh bank sentral yaitu Bank Indonesia. Dengan adanya kliring maka lalu lintas pembayaran giral dapat diselenggarakan secara lebih efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui peran kliring dan proses pelaksanaan kliring pada Bank Jateng Cabang Klaten. Data-data diperoleh dengan wawancara, pengamatan, studi kasus, yang kemudian dianalisa dengan tambahan studi Pustaka. Hasil dari penelitian dan studi kasus, serta Analisa data bahwa Kliring pada Bank Jateng Cabang Klaten berperan penting sebagai salah satu fasilitas pengiriman uang antar bank. Kliring memang sangat dibutuhkan karena kecepatan transaksi saat ini jauh lebih cepat dari pada waktu yang dibutuhkan guna melengkapi pelaksanaannya. Proses pelaksanaan kliring melibatkan pihak bank itu sendiri dan bekerja sama dengan pihak Bank Indonesia.

References

Adrian Donald Ricardson. (2016).Kajian Hukum Terhadap Proses Transaksi Kliring Dan Operasionalnya Pada Bank Umum Nasional Menurut UU No. 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan. Jurnal Ilmu Hukum Vol III/ No. 9/ Agustus/ 1998, hal 31 – 38.

Anwari Achmad. (2015). Peranan Kliring Dalam Dunia Perbankan. Balai Aksara.

Badudu, J. S. (2013). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pustaka Sinar Harapan.

Budisantoso, et al. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Edisi ke-3. Salemba Empat.

Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., dan Donelly, J.H. 2012. Organisasi : Perilaku, Struktur, Proses (Terjemahan) Edisi Delapan. Binarupa Aksara.

Handayaningrat, Soewarno. 2011. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. CV. Haji Masagung.

Hery. (2021). Dasar-Dasar Perbankan. Grasindo.

Ismail. (2015). Akuntansi Bank: Teori Aplikasi Dalam Rupiah. Prenadamedia Grup.

Jesica MP. (2015). Peran Bank Indonesia Terhadap Pelaksanaan Kliring Antar Bank. Lex Privatum, Vol.III/No. 1/Jan-Mar/2015, 28 – 37.

Kasmir. (2018). Dasar-Dasar Perbankan. Rajawali Pers.

Kasmir. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Rajawali Pers.

La Uttu. (2022). Dasar-Dasar Manajemen Perbankan. Edisi Revisi. Deepublish.

Putri Juliana, Dewi Ratna Sari. (2019). Analysis Mekanisme Kliring Pada Kantor Perwakilan (KPW) Bank Indonesia (BI) Lhokseumawe. Jurnal At-Tijarah Vol 1 No. 2 Juli – Desember 2019.

Swandi D.R, Barusman A.R. (2022). Penerapan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) Dalam Rangka Efektivitas Sistem Pembayaran. Sibatik Journal, Vol 1 No. 7, 124. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.124 .

Taswan. (2013). Akuntansi Perbankan : Transaksi Dalam Valuta Rupiah. UPP STIM YKPN.

Wijaya Kusuma, et al. (2022). Akuntansi Perbankan. PT Global Persada Teknologi.

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

LMS Kristiyanti, & Rakha Fahkrana Haryanto Putra. (2023). PROSES PELAKSANAAN KLIRING DI BANK JATENG CABANG KLATEN. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 6(1). Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/242