PERAN PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PASAR SEBAGAI DESTINASI WISATA GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN
Keywords:
Pemerintah, Masyarakat, Destinasi Wisata, Perekonomian MasyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran pemerintah dalam mengembangkan pasar tengah sebagai destinasi wisata, (2) Peran masyarakat dalam mengembangkan pasar tengah sebagai destinasi wisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan sifat penelitian ini menggunakan deskriptif analitik. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Peran pemerintah dalam pengembangan wisata di pasar tengah yaitu dengan membuat kebijakan-kebijakan mendukung pengembangan wisata di pasar tengah. Peran masyarakat yaitu: Peran masyarakat yaitu sebagai yang memelopori dan sebagai pihak pertama yang menemui, ikut serta dalam pengembangan pariwisata, pengawas dan penerima manfaat. Dampak peran pemerintah dan masyarakat dalam pengembangan pasar tengah sebagai destinasi wisata dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya khususnya dibidang perdagangan di pasar tengah dan berdampak kepada perekonomian masyarakat kota Pontianak pada umumnya.
References
Hasmawati, Fifi. 2018. Ekonomi Rakyat berbasis Potensi Lokal. Jurnal pengembangan rakyat, Vol. V, No. 8
Herdiana, Dian 2019.â€Peran Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakatâ€, Jumpa, Vol 6, No. 1.
Imam Gunawan, 2016. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Istijabatul Aliyah, Tri Joko daryanto dan Murtanti Jani Rahayu, 2017.â€Peran Pasar Tradisional Dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata Kota Surakartaâ€, Jurnal Gema Teknik-Nomor 2.
Jaya, I Made Laut Mertha 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Quadrant. .
Listiana, Dana 2014. “Dari Patch Pasar Ke Pasarfond: Pasar Pontianak dalam Kebijakan Ekonomi Kolonial Baru pada Awal Abad XXâ€, Wdiyariset, Vol 17, No. 1.
Nikmatul Maskuroh, 2019. â€Peran Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Yosomuloyo Pelangi Kecamatan Metro Pusat Kota Metro)†(Metro: IAIN Metro.
Nurfadila, 2018.â€Peran Pemerintah Dalam Pengelolaan Objek Wisata Alam Di Kabupaten Enrekangâ€, Skripsi, UIN Makassar.
Nurfadila, 2018.â€Peran Pemerintah Dalam Pengelolaan Objek Wisata Alam Di Kabupaten Enrekangâ€, Skripsi, UIN Makassar
Pertiwi, Dini Fitriani 2019. â€Pasar Tradisonal Sebagai Destinasi Pariwisataâ€, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga
Putra, Ibrahim Bramantia, chusmeru dan bambang Widodo. 2020. Strategi Brand Destination Pasar Kumandang Sebagai Upaya Pembentukan Digital Destination Di Kabupaten Wonosobo. Jurnal IPTA Vol. 2 Hal 174-182
Sugiyono, 2018 â€Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)â€, Bandung. Alfa Beta.
Suryo Bakti, 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep), Yogyakarta, Graha Ilmu.
Syarifuddin, Didin 2020 “Nilai Budaya Tanam Padi Sebagai Daya Tarik Wisataâ€, Jurnal Media Wsiata, Vol 18, No 2.
Wahyu Khalik, 2014. â€Kajian Kenyamanan Dan Keamanan Wisatawan Di Kawasan Pariwisata Kuta Lombokâ€, Program Studi Magister Kajian Pariwisata, Vol 01, No.01
https://pontianak.tribunnews.com/2020/02/04/data-terkahir-disporapar-terdapat-11-juta-wisatawan-datang-ke-pontianak diakses tanggal 13 September 2020