PERAN PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PASAR SEBAGAI DESTINASI WISATA GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN

Authors

  • Rahmah Yulisa Kalbarini Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Muhammad Asril Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Keywords:

Pemerintah, Masyarakat, Destinasi Wisata, Perekonomian Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran pemerintah dalam mengembangkan pasar tengah sebagai destinasi wisata, (2) Peran masyarakat dalam mengembangkan pasar tengah sebagai destinasi wisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan sifat penelitian ini menggunakan deskriptif analitik. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Peran pemerintah dalam pengembangan wisata di pasar tengah yaitu dengan membuat kebijakan-kebijakan mendukung pengembangan wisata di pasar tengah. Peran masyarakat yaitu: Peran masyarakat yaitu sebagai yang memelopori dan sebagai pihak pertama yang menemui, ikut serta dalam pengembangan pariwisata, pengawas dan penerima manfaat. Dampak peran pemerintah dan masyarakat dalam pengembangan pasar tengah sebagai destinasi wisata dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya khususnya dibidang perdagangan di pasar tengah dan berdampak kepada perekonomian masyarakat kota Pontianak pada umumnya.

References

Afifiuddin, dan Dr. Beni Ahmad Saebani, M.Si, 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka setia.
Hasmawati, Fifi. 2018. Ekonomi Rakyat berbasis Potensi Lokal. Jurnal pengembangan rakyat, Vol. V, No. 8
Herdiana, Dian 2019.”Peran Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat”, Jumpa, Vol 6, No. 1.
Imam Gunawan, 2016. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Istijabatul Aliyah, Tri Joko daryanto dan Murtanti Jani Rahayu, 2017.”Peran Pasar Tradisional Dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata Kota Surakarta”, Jurnal Gema Teknik-Nomor 2.
Jaya, I Made Laut Mertha 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Quadrant. .
Listiana, Dana 2014. “Dari Patch Pasar Ke Pasarfond: Pasar Pontianak dalam Kebijakan Ekonomi Kolonial Baru pada Awal Abad XX”, Wdiyariset, Vol 17, No. 1.
Nikmatul Maskuroh, 2019. ”Peran Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Yosomuloyo Pelangi Kecamatan Metro Pusat Kota Metro)” (Metro: IAIN Metro.
Nurfadila, 2018.”Peran Pemerintah Dalam Pengelolaan Objek Wisata Alam Di Kabupaten Enrekang”, Skripsi, UIN Makassar.
Nurfadila, 2018.”Peran Pemerintah Dalam Pengelolaan Objek Wisata Alam Di Kabupaten Enrekang”, Skripsi, UIN Makassar
Pertiwi, Dini Fitriani 2019. ”Pasar Tradisonal Sebagai Destinasi Pariwisata”, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga
Putra, Ibrahim Bramantia, chusmeru dan bambang Widodo. 2020. Strategi Brand Destination Pasar Kumandang Sebagai Upaya Pembentukan Digital Destination Di Kabupaten Wonosobo. Jurnal IPTA Vol. 2 Hal 174-182
Sugiyono, 2018 ”Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)”, Bandung. Alfa Beta.
Suryo Bakti, 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep), Yogyakarta, Graha Ilmu.
Syarifuddin, Didin 2020 “Nilai Budaya Tanam Padi Sebagai Daya Tarik Wisata”, Jurnal Media Wsiata, Vol 18, No 2.
Wahyu Khalik, 2014. ”Kajian Kenyamanan Dan Keamanan Wisatawan Di Kawasan Pariwisata Kuta Lombok”, Program Studi Magister Kajian Pariwisata, Vol 01, No.01
https://pontianak.tribunnews.com/2020/02/04/data-terkahir-disporapar-terdapat-11-juta-wisatawan-datang-ke-pontianak diakses tanggal 13 September 2020

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Kalbarini, R. Y., & Asril, M. (2021). PERAN PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PASAR SEBAGAI DESTINASI WISATA GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 4(1), 643–652. Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/159