PENGARUH PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK, JUMLAH UANG BEREDAR, DAN INFLASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

  • Angelica Putri Wijaya FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: pertumbuhan ekonomi, volume penggunaan uang elektronik, jumlah uang beredar, inflasi

Abstract

Pertumbuhan ekonomi sangat penting bagi suatu negara dan merupakan cerminan keadaan perekonomian negara tersebut. Pertumbuhan ekonomi di suatu negara tak lepas kaitannya dengan kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah maupun oleh pihak yang diberi kewenangan dalam mengatasi permasalahan ekonomi. Penggunaan E-Money saat ini menjadi marak digunakan sebagai pembayaran yang memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Penelitian ini menganalisis pengaruh e-money, jumlah uang beredar dan inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Data yang digunakan data sekunder tahunan dari tahun 2015 sampai tahun 2020. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Dari penelitian yang telah dilakukan, hasil menunjukkan bahwa e-money dan jumlah uang beredar berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia sedangkan inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini berarti menunjukkan bahwa kebijakan moneter sangat berpengaruh dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia khususnya dalam menjaga kestabilan nilai mata uang. Semakin besar volume penggunaan e-money dan jumlah uang yang beredar akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara signifikan, namun semakin tinggi tingkat Inflasi maka pertumbuhan ekonomi akan menurun secara signifikan.

References

Ambarini, Lestari. 2017. Ekonomi Moneter. Bogor: In Media.
Badan Pusat Statistik. Inflasi (Umum), 1979-2019. https://www.bps.go.id/indicator/3/1/1/inflasi-umum-.html (diakses 24 November 2021).
Badan Pusat Statistik. Uang Beredar (Milyar Rupiah). https://www.bps.go.id/indicator/13/123/2/uang-beredar.html (diakses 24 November 2021).
Bank Indonesia. Statistik SistemPembayaran. https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/ssp/uang-elektronik-transaksi.aspx (diakses 24 November 2021).
Haryadi, Sigit. 2015. Ekonomi, bisnis, regulasi & kebijakan telekomunikasi.
Mishkin, Frederic S. 2008. Ekonomi uang, perbankan, dan pasar keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
S., Alam. 2007. Ekonomi: untuk SMA dan MA kelas XII. Jakarta: Esis.
Salim, J. F. 2018. Pengaruh kebijakan moneter terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal EKOMBIS 3:2.
Sitompul, Pretty Naomi. 2020. Analisis Pengaruh E-Money terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.
Sukirno, Sadono. 2015. Makroekonomi: Teori pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Suwandi. 2015. Desentralisasi fiskal: dan dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, kemiskinan, dan kesejahteraan di kabupaten atau kota induk provinsi Papua. Yogyakarta: Deepublish.
Published
2021-12-20