KESIAPAN SUMBER DAYA UNTUK MENINGKATKAN UMKM DI ERA EKONOMI DIGITAL

  • Suprihati Suprihati Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
Keywords: SDM, UMKM, era digital

Abstract

Sumber Daya Manusia menjadi kunci menghadapi era ekonomi digital. Tujuannya untuk mengetahui kesiapan SDM untuk peningkatan perekonomian di era digital,  upaya yang dapat dilakukand alam  mengatasi permasalahan peningkatan SDM untuk meningkatkan UMKM di era digital dan strategi dalam Pengembangkan SDM di Era Digital. Dalam  Era  Ekonomi  Digital,  informasi  bukan  lagi  sekedar  media  untuk bertransaksi   dan   berkomunikasi,   melainkan   menjadi   sumber   utama   yang mendatangkan    profit    dalam    perekonomian. Perkembangan teknologi di era digital, sangat menguntungkan bagi peningkatan produktivitas SDM khususnya pada UMKM yang dituntut untuk tetap bertahan dan bangkit di saat pademi Covid-19 di Indonesia. Meningkatkan kompetensi tenaga kerja yang sudah memasuki pasar kerja dengan menyiapkan dan mengembangkan SDM (talenta digital) serta menyiapkan calon tenaga kerja yang saat ini masih di bangku kuliah menyusun kurikulum  terkait human-digital skill, untuk meningkatkan UMKM di era digital dengan menjadikan SDM yang siap kerja sesuai perkembangan digital, menciptakan SDM Indonesia yang mampu berdaptasi dengan perubahan sesuai dengan kebutuhan di era digital. Memberikan kesempatan pada setiap karyawan untuk menyalurkan ide dan gagasan, memberikan pelatihan dan ketrampilan, memberi Penghargaan kepada karyawan yang berprestasi, melakukan program pelatihan dan pengembangan SDM dengan budget yang ada, mengevaluasi hasil yang didapatkan sudah sesuai dengan tujuan digitalisasi perusahaan. Ekonomi digital membuat kegiatan ekonomi masyarakat berubah, dari yang mulanya serba manual menjadi yang serba digital. Sehingga, berbagai kegiatan sehari-hari pun kini jadi lebih cepat dan praktis

References

Helmalia, H, dan Afrinawati, A. (2018), Pengaruh E-commerce Terhadap
Kuswiratmo, B.A. (2006). Memulai Usaha Itu Gampang!. Jakarta: Visimedia Pustaka.
Miraz, M., dan Habib, M. (2016). ICT Adoption in Small and Medium Enterprises: An Empirical Evidence of Service Sectors in Bangladesh. Journal of Economics, Business and Management. 4 (8). 482-485
Mursid. M. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Mutiara, P. (2019).Tantangan SDM Unggul untuk Indonesia Maju di Era Revolusi Industri 4.0
Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 3(2), 137-246
Rizkinaswanra, L.(2021). Akselerasi TransformasiDigital dalam Roadmap Digital Indonesi 2021-2024
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang UMKM
https://accurate.id/ekonomi-kei-keuangan/ekonomi-digital/diakses pada tanggal 16 desember 2021
https://www.sirclo.com/melihat-peran-umkm-di-indonesia-bagaimana -perkembangannya/
htpps://kominfo.go.id/content/detail/34175/pemerintah-dorong-digitalisasi-umkm-hingga-pemerintah daerah/
Published
2021-12-20