PENGARUH KESEJAHTERAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR DESA KARANG ENDAH SEMENDAWAI SUKU III OGAN KOMERING ULU

  • Yansahrita Yansahrita STIE Trisna Negara
Keywords: Kesejahteraan dan Kepuasan Kerja Pegawai

Abstract

Tingkat kemakmuran dan kesejahteraan dimasa mendatang dipengaruhi oleh Sistem perekonomian yang sudah berkembang. Oleh karena itu setiap organisasi untuk dapat merealisasikan tujuan tersebut maka diperlukan pengelolaan yang baik, maka pengelolaan berupa modal, sietem keuangan dan aset-aset yang ada secara efektif dan efisien sehingga pendapatan usaha akan meningkat seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Analisis hubungan Kesejahteraan (X) dan Kepuasan Kerja Pegawai (Y) for windows versi 20 diperoleh nilai koefisien r X (Kesejahteraan) dengan Y (Kepuasan Kerja Pegawai) diperoleh nilai r sebesar 0,528 dikonsultasikan nilai r interprestasi berada antara 0,400 – 0,599 dan termasuk dalam tingkat hubungan kuat. Setelah dikonsultasikan dengan standar konservatif  ternyata 0,528 terletak antara 0,400 – 0,599 yang termasuk pada korelasi sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh yang sedang antara Kesejahteraan dan Kepuasan Kerja Pegawai pada Kantor Desa Karang Endah Ogan Komering Ulu Timur. Untuk menjawab hipotesis yang telah dikemukakan sebelumnya dengan menggunakan rumus uji hipotesa, diperoleh ( t ) tabel = 1,860 sedangkan ( t ) hitung = 1,752 yang dapat disimpulkan bahwa ( t ) hitung < ( t ) tabel atau  (t) hitung lebih kecil dari t tabel ), sehingga hasilnya terdapat hubungan yang sinifikan antara kesejahteraan dengan kepuasan kerja.

References

Abdullah, M, Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo, 2014
Anton Mulyono Aziz dan Maya Irjayanti, Manajemen, Bandung, Mardika Group.2014
Desseler Gary, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: salemba 4, 2015
Dr.Hj. Helisia Mgh Garaika,S.H.,S.E.,M.M. Pedoman Penulisan Dalam Penelitian/Karya Ilmiah Dan Tatacara Menempuh Ujian Komperehensif Pada STIE Trisna Negara, Cetakan Ke 10 OKU Timur, 2019.
Edy Sutrisno, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Jakarta : Kencana, 2013
Endang Styaningdiyah, et al. (2013). The Effects of Human Resource Competence, Organitsational Commitment and Transactional Leadership on Work Discipline, Job Satisfaction and Employee’s Performance. Interdisicplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 5(4), Hasibuan, M.SP. 2011., Manajemen : Dasar Pengertian dan Masalah, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara,
Hasibuan, M.SP. 2001 Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara,
Hamali, A.Y. 2016., Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia : Strategi Mengelola Karyawan, Yogyakarta: Penerbit CAPS,
Panuju, R. 2001, Komunikasi Organisasi, Pustaka Pelajar, Surabaya,
Sugiyono. 2008., Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,Bandung: Alfabeta,
Sugiyono. 2015., Statistika untuk Penelitian, Bandung: Penerbit Alfabeta,
Terry, G.R dan Rue, L.W. 2014., Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Published
2020-11-26