ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA APLIKASI E-LEARNING DIKALANGAN DOSEN DAN MAHASISWA ITB AAS INDONESIA

  • Siti Rokhmah Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Putri Wahyu Setyaningsih Universitas Mercubuana Yogyakarta
Keywords: E-learning, Technology Acceptance Model, Dosen, Mahasiswa.

Abstract

Penggunaan e-learning menjadi hal yang sangat penting di era pandemi Covid-19 yang mewajibkan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Dalam upaya memaksimalkan pembelajaran jarak jauh, ITB AAS Indonesia mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis website. Aplikasi yang diberi nama e-learning ITB AAS tersebut mengharuskan para dosen dan mahasiswa untuk beradaptasi dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi. Hal tersebut menimbulkan kebiasaan baru bagi dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam penelitian ini dilakukan analisa terhadap pernerimaan penggunaan e-learning dikalangan dosen dan mahasiswa dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Analisis TAM menyangkut beberapa hal yang dianalisa diantaranya persepsi kegunaan (perceived usefulness), persepsi kemudahan pemakaian (perceived ease of use), sikap (attitude) dan niat perilaku (behavioral intention).

References

Davis, F. D. ,“A Technology Acceptance Model For Empirically Testing New End-User Information Systems: Theory And Results”, Doctoral dissertation, Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology, 1986.
Davis, F. D., “Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”, MIS Quarterly, vol. 13, no.3, 1989.
Flourensia, S.R, Budiyanto, D, Palyama, D, Analisis Penerimaan e-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta), JUTEI Edisi Volume.1 No.2 Oktober 2017 ISSN 2579-3675, e-ISSN 2579-5538 DOI 10.21460/jutei.2017.12.20
Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, cetakan keempat, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006.
Kemdikbud, SE Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), 2020.
Nurfiyah, Mayangky,N.A, Hadianti, S, Riana, D,analisis technology acceptance model pada aplikasi platform Perdagangan elektronik di kalangan mahasiswa, jurnal teknik informatika vol 12 no. 1, april 2019
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung:Alfabeta, 2015.
Published
2020-11-26